السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, As Syakuur

    ۩    THE REWARDER OF THANKFULNESS   ۩
    ۩    MAHA PEMBALAS BUDI (MENSYUKURI)   ۩

    Allah berterima kasih atas perbuatan baik dan manfaat mereka.

    Dia berterima kasih atas perbuatan baik tidak peduli seberapa kecil dan

    Dia selalu siap untuk menghargai mereka yang berbuat baik.




    (35) Fatir – Surah PENCIPTA


    agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (30)

    Dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (34)

    (42:23) Ash-Shura – Surah MUSYAWARAT

    Itulah [karunia] yang [dengan itu] Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Katakanlah: “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan”.

    Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (23)

    (64:17) At-Taghabun – Surah HARI DINAMPAKKAN KESALAHAN-KESALAHAN

    Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan [pembalasannya] kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun. (17)


    Ini Nama Suci harus dibaca di atas air selama 40 kali dan mata harus dicuci dengan air ini untuk menyembuhkan masalah mata dan rabun senja.

    Jika dibacakan banyak setiap hari orang tersebut akan berhasil di hari kiamat. Hal ini juga untuk penyakit paru-paru.



    Secara bahasa, “al-Shakoor” berasal dari akar kata syukurnya yang menyampaikan makna: kenaikan.
    Arab menggambarkan tanah seperti itu jika pabrik yang melimpah. Mereka menggambarkan binatang seperti itu jika digemukkan.
    Tanaman ditopang oleh sejumlah kecil air disebut Shakoor. Al-Shakoor cukup sering berterima kasih, yang menghargai tindakan kebenaran, amal dan kebaikan.
    Seorang hamba Allah yang Shakoor adalah orang yang bertekun untuk berterima kasih kepada Tuhannya dengan mentaati-Nya dan dengan melakukan kewajiban yang Dia telah diamanatkan kepadanya. Syukurnya adalah pengakuan dan penyebaran kebaikan.
    Al-Shakoor, Allah, menghargai bahkan beberapa perbuatan baik hamba-Nya lakukan, menggandakan pahala-Nya bagi mereka. Caranya berterima kasih kepada mereka adalah dengan memberi mereka karunia-Nya meskipun Dia-lah Yang memungkinkan mereka untuk melakukan perbuatan baik seperti di tempat pertama.
    Dia menanamkan di dalam hati mereka keinginan untuk melakukannya, dan kemudian Dia menyediakan bagi mereka semua sarana untuk membawa mereka keluar.
    Ia memungkinkan para hamba-Nya untuk mensyukuri berkat-berkat yang ia limpahkan mereka, sehingga Allah memberi upah mereka bahkan untuk tindakan-tindakan kecil ketaatan kepada-Nya dengan kelimpahan hal yang baik-Nya.
    Dia memberikan kebahagiaan untuk usaha beberapa hari di akhirat yang tidak pernah berakhir.
    Al-Shakoor menerima sedikit dan yang memberi banyak. Allah telah disebut diriNya al-Shakoor untuk memberitahu kita bahwa Allah memberi upah hamba-Nya untuk berterima kasih kepada-Nya, dengan itu, hadiah untuk rasa syukur seperti ini disebut syukurnya, seperti hukuman untuk perbuatan buruk disebut buruk, Dia mengatakan,

    Dan ganjaran kejahatan adalah hukuman seperti nya(Qur’an, 42:40)
    Salah satu bukti ekspresi dari satu menerima penghargaan adalah bahwa dia menerima peningkatan berkat Allah menurut 14:07

    Jika Anda syukuri, saya pasti akan memberikan lebih, dan jika Anda tidak bersyukur, siksa saya benar-benar parah.”

    Kebenaran tentang apresiasi tidak berhubungan dengan kualitas Allah: Penghargaan berasal dari orang, itu hanyalah pengeluaran satu berkah yang diberikan oleh Allah dengan cara yang diciptakan-Nya mereka.
    Secara bahasa, apresiasi digabungkan dengan berkat, syukur kasih karunia. Tidak ada yang dapat melakukan suatu bantuan Allah yang Dia harus berterima kasih padanya, karena itu, apresiasi-Nya harus dipahami secara metaforis menurut Tafsir al-Manar.

    Terima kasih Allah berarti bahwa Dia mampu memberi penghargaan pelaku yang baik, bahwa Dia tidak mengizinkan perbuatan pelaku tersebut harus terbuang atau tidak dihargai.
    Hal ini dalam pengertian ini yang menghadiahi pelaku baik dengan apa yang layak disebut adalah apresiasi, dan Allah telah demikian disebut diriNya menghargai. Allah juga berjanji mereka yang menghargai berkat-Nya untuk meningkatkan berkat-Nya atas mereka, maka, rasa syukur tersebut juga berada di bawah jenis yang sama penghargaan.
    Yang paling Apresiatif mengatakan,
    … dan barang siapa yang berbuat baik secara spontan, sesungguhnya Allah Maha Bersyukur lagi Maha Mengetahui (Qur’an, 2:158)
    Dengan demikian kita mengetahui bahwa Allah Maha Suci Dia, memiliki perilaku yang pasti yang paling sempurna ketika Dia menyebut diri-Nya menghargai dunia meskipun kebaikan apa saja yang mereka lakukan tidak manfaat-Nya maupun merugikan-Nya sedikit pun, melainkan manfaatnya pasti untuk kebaikan kita sendiri.
    Hal ini, dalam kenyataannya, tanda berkat-Nya sendiri kepada kita bahwa Dia membimbing dan memungkinkan kita untuk melakukannya, maka, tidak pantas orang yang masuk akal untuk mengamati bantuan besar diberikan kepadanya oleh Allah tanpa berterima kasih kepada-Nya untuk itu, atau tanpa menaati-Nya.
    Allah juga berkata,
    Oleh karena itu ingat saya, jadi saya akan mengingat Anda, juga, dan bersyukurlah kepada saya, dan jangan berterima kasih kepadaku(Quran, 2:152)
    Dalam ayat ini, Allah mengajarkan hamba-Nya untuk menjadi apresiatif, memerintahkan mereka untuk mengingat berkat-berkat yang telah Dia anugerahkan kepada mereka dengan mereka, lidah hati dan indera.
    Pahala mereka untuk itu adalah bahwa Dia mengingatkan mereka izin-Nya untuk terus menikmati berkat-berkat tersebut, dan untuk meningkatkan mereka, memerintahkan mereka untuk memuji Dia dengan Atribut-Nya, untuk membahas berkat-berkat yang tak terhitung jumlahnya-Nya, memuliakan Dia secara terbuka dan diam-diam, sehingga Dia dapat menyebutkan mereka di perusahaan tinggi Nya dan menyebut-Nya yang senang dengan mereka.
    Dalam tradisi qudsi, Rasulullah mengutip Allah Maha kuasa berkata,

    Saya sebagai hamba-Ku berpikir tentang saya: saya dengan dia, jika ia menyebutkan saya diam-diam, saya akan menyebutkan dirinya juga, dan jika Dia menyebutkan nama saya sebelum orang banyak orang, saya akan menyebutkan dirinya di depan orang banyak lebih baik,

     jika ia mendekat kepada-Ku sebanyak sejengkal, Aku akan mendekat kepadanya sebanyak satu meter, jika ia mendekat kepada-Ku sebanyak halaman, saya akan lebih dekat dengan dia lebih dari dua kali lipatnya Jika ia datang kepadaku berjalan, Aku akan datang kepadanya berjalan..
    Allah memerintahkan hamba-Nya untuk bersyukur kepada-Nya dan tidak mengingkari nikmat yang telah Dia anugerahkan kepada mereka.

    Ini peringatan untuk bangsa ini terhadap negara-negara yang sebelumnya dimana telah jatuh karena penolakan yang terakhir dari berkah yang Maha Kuasa telah mandi atas mereka. Dia memberikan mereka kekuatan nalar, emosi, penilaian, dan berkat seperti lainnya.

    Seorang hamba Allah seharusnya tidak pernah bosan bersyukur dan memuji-Nya, tanpa henti dan tanpa ragu. Dalam doa oleh Rasulullah, ia berkata,

    Tuhan, aku tidak mampu memuji Anda cukup;! Anda sebagai Anda telah memuji dirimu sendiri.”

    Memuji Allah dan bersyukur kepada-Nya sebagaimana Dia benar-benar layak tidak berada dalam kapasitas manusia. Seorang hamba Allah, karena itu, harus menyerahkan kepada Dia yang dapat melakukannya: Allah, Puji adalah karena-Nya, dan HANYA kepada-Nya.

    Bagaimana orang bisa memperoleh kesempurnaan di area yang sementara ia merenungkan pada beberapa berkat diberikan kepadanya oleh Allah dan berkata pada dirinya sendiri:

    Saya sia-sia belaka dan Allah menyebabkan saya menjadi, maka Dia memberikan saya penampilan luar yang indah, dan daya nalar yang merupakan yang terbaik dari kualitas batin saya, maka Dia memberikan saya pendengaran dan penglihatan dan membimbing saya untuk mengenal Dia, maka Ia membuat hadiah-Nya yang besar dicapai dan bahkan memuji saya di Buku Besar-Nya “?

    Jika Anda memindahkan lidah Anda dan mengatakan: Alamdu-lillah (Pujian kepada Allah), berpikir bahwa pepatah belaka sehingga cukup untuk mengungkapkan rasa terima kasih untuk semua nikmat besar Dia telah diberikan kepada Anda, maka Anda pasti telah mengambil sesaat dari pikiran Anda, untuk Anda pasti tidak akan berterima kasih pada Allah sama sekali. “Bicara itu mudah,” kata aksioma, sedangkan “tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata.”

    Ungkapkan rasa terima kasih Anda terhadap Pencipta Anda dengan tindakan, tidak hanya dengan kata-kata. Sebuah ungkapan benar hamba syukur adalah pengakuan sendiri bahwa dia hanya tidak mampu cukup mengucapkan terima kasih kepada PenciptaNya, Pemelihara, dan Dermawan.

    Jabir bin Abdullah al-Anshari telah dikutip Rasulullah berkata,

    Jika seseorang diberi sesuatu sementara yang mampu menemukan cara untuk juga memberi, biarkan dia melakukannya, tetapi jika ia tidak, maka biarkan dia memuji si pemberi, untuk Barangsiapa tinggal diam dan mengatakan apa-apa melakukan kekufuran, murtad.

    Dan jika satu orang untuk mengenakan pakaian yang tidak diberikan, ia kemudian akan seperti orang yang memakai dua pakaian dari pemalsuan.

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top