السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al `Aliy

    ۩    THE HIGHEST   ۩
    ۩    MAHA TINGGI / AGUNG / BESAR   ۩

    Allah Maha Agung, dan Maha Besar.

    Dia di atas semua kebiasaan yang jahat dan buruk. Dia memiliki perintah tertinggi

    Kita harus mencoba untuk mengingat kebesaran-Nya, Dalam shalat kita mencari Dunia & Akhirat


    (2:255) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA

    Allah, tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus [makhluk-Nya]; tidak mengantuk dan tidak tidur.

    Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya.

    Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

    Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (255)

    (4:34) An-Nisa – Surah WANITA

    Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka [laki-laki] atas sebahagian yang lain [wanita], dan karena mereka [laki-laki] telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.

    Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara [mereka].

    Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka.

    Kemudian jika mereka menta’atimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (34)

    (31:30) Luqman – Surah LUQMAN

    Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dia-lah yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang bathil; dan sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. (30)

    (42:4) Ash-Shura – Surah MUSYAWARAT

    Kepunyaan-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. (4)

    (42:51) Ash-Shura – Surah MUSYAWARAT

    Dan tidak ada bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan [malaikat] lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana. (51)

    (87:1) Al-Ala – Surah YANG PALING TINGGI

    Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi, (1)


    Jika banyak bacakan, orang akan dihormati oleh semua orang
    Jika dibacakan secara teratur, .akan dipromosikan dalam peringkatnya.
    Jika nama yang tertulis disimpan pada seseorang, kita akan menjadi sejahtera.


    “Al-’Aliyy” adalah salah satu Asma Allah, dan itu berasal dari uluww, tinggi, keagungan, atau keagungan dibandingkan kerendahan.

    Ketinggian dimaksud di sini adalah bahwa status. Al-’Aliyy tinggi, begitu tinggi sehingga Dia tidak pernah bisa dipahami atau digambarkan oleh Pikiran kita yang berada pada kerugian tentang Kebesaran-Nya; Intelek tidak mampu untuk membuahkan kesempurnaan-Nya.

    Menurut Al-Mufradat, orang yang `aliyy adalah orang terkemuka, seorang yang mempunyai perbedaan tersendiri.

    Ketika diterapkan pada Yang Maha Kuasa, seperti dalam 22:61 dikutip di atas, makna yang tersirat adalah bahwa Dia disini akan menjelaskan oleh siapa pun atau benar-benar dikenal oleh siapa pun, dan Dia berada di atas apa yang dikatakan orang tentang Dia.

    Dialah yang statusnya di atas tidak ada sama sekali, dan segala sesuatu ada di bawah kendali-Nya. Allah telah berkata,

    Dia adalah Maha Tinggi lagi Maha Besar(Quran, 2:255),

    … penghakiman adalah milik Allah, Tinggi lagi Maha Besar(Qur’an, 40:12),

    .. Agung., Yang Mahatinggi (Quran, 13:9).

    “Tinggi” dan “Rendah” dapat diterapkan baik untuk mewujudkan serta hal-hal yang tak berwujud. Seperti tentang yang nyata, yang `Arsh (Tahta) dikatakan lebih tinggi dari Kursi (tempat kedudukan/kekuasaan), dan langit lebih tinggi dari bumi.

    Kata-kata tersebut diterapkan hanya untuk hal-hal yang nyata, hal-hal yang memiliki dimensi. Karena Maha Kuasa yang di atas memiliki dimensi, Nya menjadi al-’Aliyy yang di atas menjadi seperti itu.

    Siapapun dia al-’Aliyy ini disini akan dipahami oleh akal saja, dan siapa Atributnya adalah terlalu besar untuk dijelaskan. Dia adalah Satu dari siapa Kebesaran, dan berusaha untuk mewujudkan Dzat Nya.

    Di antara perilaku yang baik menghiasi mukmin adalah : kerendahan hati dan ketundukan sebelum kemuliaan Yang Mahakuasa. Hanya kemudian bahwa Dia meninggikan statusnya.

    Al-Qusyairi telah diberitahu mengatakan bahwa Allah mengilhami Musa untuk pergi dekat gunung sehingga Ia akan menjawab dia. Setiap gunung disana bersaing dengan yang lain dengan harapan menjadi orang yang dekat dengan Ilahi akan berlangsung terus.

    Gunung Sinai berpikir sangat rendah hati dari dirinya sendiri mengatakan, “Sejak kapan saya pantas kehormatan menjadi tempat layak status Musa ketika ditangani oleh Tuhannya?” Untuk alasan ini, Allah mengilhami Musa untuk pergi dekat Gunung Sinai karena kerendahan hati yang terakhir.

    Menurut Al-Asma ‘wal sifat, di mana tradisi qudsi dikutip, Rasulullah mendengar selama Malam Isra (perjalanan malam ke Yerusalem) sebuah memuji di langit tinggi mengatakan:

    Subhan al-’ Aliyy al-A ` la, Subnahu wa Ta `ala, yaitu,” Kemuliaan bagi Kemuliaan, Maha Tinggi kepada-Nya dan Mulia

    Iyas bin Salmah mengutip ayahnya mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah mulai berdoa setiap dengan mengatakan,

    Subhana al-A`la al-Wahhab,

    Hormat bagi Yang Maha Tinggi, yang selalu Memberi.
    |

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top