السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Ghafuur

    ۩    THE FORGIVER   ۩
    ۩    MAHA PENGAMPUN   ۩

    Allah mengampuni dosa-dosa mereka yang dengan tulus meminta maaf

    Meskipun Allah Maha Pengampun kita tidak harus menjalani hidup penuh dosa

    tetapi lebih malu dari dosa-dosa kita dan menghindari melakukan kembali

    Ketika diampuni kita bisa berbuat kembali dan kita lupa dosa-dosa itu

    Tidak ada yang dapat menghentikan berkah-Nya yang mengalir dengan bebas


    (2:173) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA

    Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang [ketika disembelih] disebut [nama] selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa [memakannya] sedang ia tidak menginginkannya dan tidak [pula] melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (173)

    (8:69) An-ANfal – Surah HARTA RAMPASAN PERANG

    Maka makanlah dari sebagian rampasan perang yang telah kamu ambil itu, sebagai makanan yang halal lagi baik, dan bertakwalah kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (69)

    (16:110) An-Nahl – Surah LEBAH

    Dan sesungguhnya Tuhanmu [pelindung] bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar; sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (110)

    (35:28) Fatir – Surah PENCIPTA

    Dan demikian [pula] di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya [dan jenisnya]. Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha Pengampun. (28)

    (41:32) Fussilat – Surah YANG DIJELASKAN

    Sebagai hidangan [bagimu] dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (32)

    (60:7) Al-Mumtahina – Surah PEREMPUAN YANG DIUJI

    Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (7)

    Untuk menjaga suatu barang rahasia orang harus membacanya selama 3 hari 70 kali sehari di atas pasir dan melemparkannya ke dalam sumur.
    Jika nama yang tertulis disimpan pada seseorang dengan orang sakit menderita demam, orang tersebut akan sembuh.
    Jika dibacakan secara teratur 11 kali setelah setiap shalat Wajib orang tersebut akan diampuni oleh Allah SWT.
    Jika dibacakan secara teratur banyak orang akan diselamatkan membentuk godaan setan.


    “Al-Ghafoor” berasal dari akar kata ghafr, jilbab atau menutupi.

    Dia adalah al-Ghafoor karena Dia cukup sering cadar dosa dan mengampuni mereka yang melakukan mereka. Dia tidak membantah tentang mereka dengan hamba-Nya. Maghfira berarti penutup dan mengampuni dosa.

    Pengampunan Allah berarti perlindungan-Nya dari hamba-Nya terhadap siksaan-Nya. Kata kerja yang berarti: untuk secara terbuka mengabaikan dosa-dosanya.

    Al-Ghafoor adalah Master yang kekuatannya sempurna, Dia mengampuni tanpa syarat karena nikmat ia limpahkan hamba-Nya, dan kebajikan-Nya.

    Al-Qur’an menyebut cukup sering untuk pengampunan, dan Allah telah terdiversifikasi sehingga hati mereka yang tidak taat kepada-Nya tidak mungkin kehilangan harapan untuk rahmat-Nya, dan agar kejahatan tidak akan putus asa dari rahmat Allah.

    Dia mengampuni dosa dan menerima pertobatan. Di Surat Ghfir, kita membaca ayat ini:

    Dia Yang mengampuni kesalahan dan yang menerima pertobatan, yang berat dalam menghukum, Tuhan karunia (Quran, 40:3)

    Referensi seperti lainnya adalah sebagai berikut:

    … Jadi mengampuni kami dan kasihanilah kami, Engkau adalah yang terbaik dari mereka yang memaafkan. (7:155)

    Sesungguhnya Aku adalah yang paling Pengampun bagi orang yang bertobat dan percaya dan melakukan perbuatan baik maka terus mengikuti bimbingan yang benar. (20:82)

    Dia menciptakan langit dan bumi dengan kebenaran; Dia membuat malam menutup hari dan hari menyalip malam, dan Dia telah membuat matahari dan bulan tunduk (kepada kehendak-Nya): masing-masing berjalan untuk istilah yang ditugaskan, sesungguhnya Dia adalah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (39:5)

    Sebagai mengenai ayat berkata,

    Beritahu hamba-Ku bahwa Akulah, Pengampun lagi Maha Penyayang (Quran, 15:49)

    dan beberapa sahabat Nabi pernah larut dalam tawa sebagai Rasulullah lewat. Dia menyambut mereka lalu berkata kepada mereka:
    • “Apakah Anda tertawa sementara api adalah sebelum Anda?”
    Mereka menyesal dan merasa sangat tertekan. Dia segera kembali kepada mereka dan berkata,
    • “Jibril baru saja datang kepada saya dan berkata bahwa Allah bertanya mengapa saya menyebabkan beberapa hamba-Nya kehilangan harapan dalam rahmat-Nya,”
    kemudian dia mengulangi 39:5 dikutip di atas.
    Yang banyak orang yang ingin mempersonifikasikan Atribut “al-Ghafoor” adalah bahwa ia selalu mencari pengampunan-Nya, ia mengampuni hamba-Nya waktu dan lagi. Ini adalah kunci untuk memperoleh pengampunan Allah sebagaimana dimaksud pada 24:22:

    Jangan biarkan mereka di antara Anda yang memiliki kasih karunia dan kelimpahan bersumpah melawan memberikan kepada kerabat dan miskin dan mereka yang telah melarikan diri di jalan Allah; mereka harus memaafkan dan mengabaikan Bukankah Anda akan senang bahwa Allah akan mengampunimu? Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang..

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top