السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Lathiif

    ۩    THE SUBTLE ONE   ۩
    ۩    MAHA LEMBUT   ۩

    Allah Maha Halus – yaitu Dia memiliki kualitas kelembutan, kehalusan dan keunikan.

    Jadi halus yang tidak dapat dilihat oleh manusia; begitu murni sehingga tidak dapat dipahami,

    tetapi dengan penglihatan halus seperti itu, untuk mengetahui semua di dunia ini dan seterusnya,

    dan begitu baik untuk memberi kita karunia kualitas terbaiknya.


    (6:103) Al-Anaam – Surah BINATANG TERNAK

    Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (103)

    (22:63) Al-Hajj – Surah HAJI

    Apakah kamu tiada melihat, bahwasanya Allah menurunkan air dari langit, lalu jadilah bumi itu hijau? Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (63)

    (31:16) Luqman – Surah LUQMAN

    [Luqman berkata]: “Hai anakku, sesungguhnya jika ada [sesuatu perbuatan] seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya [membalasinya]. Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (16)

    (64:14) At-Taghabun – Surah HARI DINAMPAKKAN KESALAHAN-KESALAHAN

    Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu mema’afkan dan tidak memarahi serta mengampuni [mereka] maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (14)


    Jika dibacakan, dibebaskan dari kesulitan, ia sangat efektif

    Jika orang miskin atau sakit menawarkan dua rakaat shalat dan kemudian melafalkan nama ini suci kemiskinannya atau sakit akan dihapus oleh Yang Maha Kuasa.

    Orang tersebut tidak akan pernah gegabah jika dibacakan secara teratur.

    Disarankan bahwa jika nama ini diucapkan 129 kali pada setiap hari Senin semua keinginan yang sah akan dipenuhi oleh Allah SWT dan orang tersebut tidak akan dimasukkan ke dalam percobaan apapun oleh Yang Maha kuasa.


    … Pasti Tuhan saya adalah ramah tamah untuk siapapun yang Dia kehendaki, sesungguhnya Dia adalah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana” (Quran, 12:100)

    “Al-Lateef” adalah salah satu Asma Allah berasal dari kebaikan yang ekstrim dan kasih sayang dengan cara yang tidak pernah  manusia bisa membayangkan.

    Al-Lateef terus menuangkan berkat-Nya kepada hamba-hamba-Nya, tindakan-Nya yang baik dan indah. Atribut ini juga berarti: Dia yang tidak dapat dirasakan oleh indera manusia atau mereka dari semua makhluk lain, siapa tahu hal-hal tersembunyi.

    Al-Lateef telah digabungkan di dalamnya, kasih sayangnya tegas dan bijaksana serta pengetahuan dan rinci dari semua urusan serta sarana untuk membuat mereka mencapai siapapun yang Dia kehendaki dari antara ciptaan-Nya.

    Al-Lateef menyenangkan hamba-Nya ketika Dia menghilangkan awan dari murka-Nya jauh dari mereka, Yang Siapa yang penuh kasih terhadap para hamba-Nya bahkan dalam hal yang berkaitan dengan keputusan-Nya, Dia tahu segala hal yang tersembunyi.

    Dialah yang pengetahuan meliputi setiap menit segala sesuatu tentang semua fakta. Kehendak-Nya dilakukan, akan dimana Ia melindungi makhluk-Nya. Dia tahu yang paling rumit dari rincian yang relevan dengan kepentingan dan ketidak jelasan mereka, Dia lembut membuat mereka mencapai tujuan mereka.

    Dia Maha Jenis dan Pengasih kepada hamba-hamba-Nya bahkan ketika mereka tidak menyadari hal itu, Dia mengelola urusan mereka dan keinginan semuanya baik untuk hamba-Nya.

    Dia menginginkan kemudahan dan membuat untuk mereka sarana kebenaran dan kebaikan dicapai. Dia memudahkan segala sesuatu yang sulit, yang bergabung semuanya rusak. Allah telah berkata,

    Apakah Dia tidak tahu, karena Dia Yang menciptakan (segala sesuatu dan semua orang) Dia tahu seluk-beluk;? Dia Yang Maha-Aware (segala sesuatu)(Qur’an, 67:14)

    Salah satu tanda kebaikan-Nya terhadap para hamba-Nya adalah bahwa Dia telah memberi mereka lebih dari cukup dan membutuhkan mereka untuk melakukan kurang dari apa yang mereka bisa, sehingga membuat pencapaian kebahagiaan kekal dapat dicapai dengan usaha mudah selama periode singkat, yaitu seseorang masa hidup yang terlalu pendek untuk dibandingkan dengan keabadian akhirat.

    Al-Lateef telah dikandung semuanya dalam kerangka antitesis sendiri. Allah, misalnya, bersembunyi untuk nabi Yusuf menonjolnya otoritas dalam pakaian perbudakan sampai dia sendiri akhirnya datang untuk mengatakan:

    … pasti Tuhan saya adalah ramah tamah untuk siapapun yang Dia kehendaki, sesungguhnya Dia adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana … ( Quran, 12:100)

    Seorang pria didalam penjara meskipun dia tidak bersalah dari tuduhan itu, jadi dia terus mengulang-ulang doa Yusuf mengatakan,

    … pasti Tuhan saya adalah ramah tamah untuk siapapun yang Dia kehendaki, sesungguhnya Dia adalah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana (Qur’an, 12 : 100)

    Seorang pemuda datang kepadanya selama satu malam dan berkata kepadanya, “Berdirilah sehingga saya mungkin membuat Anda keluar dari penjara Anda.”

    Orang itu bertanya pemuda bagaimana ia bisa keluar karena pintu-pintu semua terkunci, tetapi pemuda memerintahkan dia untuk kedua kalinya berdiri.

    Dia berjalan dengan pemuda itu sampai ia keluar dari kota, lalu berkata kepadanya,

    Ucapkan:` Sesungguhnya TUHAN saya adalah ramah tamah untuk siapapun yang Dia kehendaki, sesungguhnya Dia adalah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana(Quran, 12:100)

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top