السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Kariim


    ۩    THE GENEROUS ONE   ۩

    ۩    MAHA DERMAWAN / MURAH HATI   ۩

    Allah adalah murah hati karena Dia mengutus Nabi Suci Muhammad SAW

    Dan Al-Qur’an Suci sebagai panduan bagi semua umat manusia

    Allah memberi PAHALA yang taat dan akan memasukkan mereka ke Jannah

    Allah memiliki banyak, karena Ia akan menopang seluruh ciptaan-Nya

    Memberi mereka makanan dan semua yang mereka butuhkan.


    (23:116) Al-Mumenoon – Surah ORANG-ORANG YANG BERIMAN

    Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] selain Dia, Tuhan [Yang mempunyai] ’Arsy yang mulia. (116)

    (27:40) Al-Naml – Surah SEMUT

    Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab:Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”.

    Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk karunia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari [akan ni’mat-Nya].

    Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk [kebaikan] dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia“. (40)


    Jika dibacakan di tempat tidur, pada saat akan tidur, Allah akan mengangkat malaikat yang akan berdoa untuk dia dan memberitahu pemohonnya bahwa Allah telah membuatnya bebas dari rasa takut.
    Bacaan harian ini nama kudus akan meningkatkan rasa hormat satu dan kekayaan orang akan menjadi hati yang rendah hati.

    Disarankan bahwa jika dibacakan 21 kali sehari setelah shalat Wajib, maka akan sangat efektif untuk mengamankan kehormatan, martabat dan kemakmuran.


    Para ahli mengatakan bahwa apa pun dianggap sebagai yang baik, berharga, dan penting, adalah Kareem.
    Secara bahasa, orang yang keluar memberi juga disebut kareem, murah hati. Apa pun diadakan di kategori sendiri di harga tinggi disebut kareem.

    Allah disebut “al-Karim” Atribut yang menggambarkan kebajikan-Nya dan kebaikan. Allah selalu Dermawan, dan Dia akan selalu begitu. Ia tinggi di atas kerendahan apapun; Dia memberi berkelimpahan, dan Ia memberi indah.

    Al-Kareem mengampuni meskipun Ia mampu menimbulkan hukuman yang paling berat,
    • Dia memenuhi janji-Nya,
    • Dia memberikan lebih dari apa yang memohon kepada-Nya untuk;
    • Dia tidak keberatan berapa banyak
    • Dia memberi dan kepada siapa,
    • Dia tidak mengizinkan siapa saja yang berusaha berlindung dengan-nya menderita kerugian;
    • Dia tidak membutuhkan sarana untuk melakukan apa yang Dia lakukan.
    Orang yang dapat menggabungkan dalam Dia semua kualitas adalah Mutlak al-Kareem; tidak lain selain Allah adalah seperti itu.

    Yang Mahakuasa telah berkata,

    Hai manusia Apa yang menipu dari Tuhanmu, Yang Pemurah …!?(Qur’an, 82:6)

    dan, “Baca dan Tuhanmu adalah Maha Mulia(Quran, 96:3)

    Bahasa Arab menggunakan untuk menyebut sesuatu kareem jika memiliki prestasi terpuji atau kualitas. Muhammad, Rasulullah, mengatakan, Yusuf adalah kareem sebagian besar orang yang berarti dalam garis keturunan dan keturunan.

    Mereka mungkin menggambarkan sesuatu kehadiran yang dapat diidentifikasi dengan salah satu indera fisik sebagai kareem. Sebagai contoh, perempuan Mesir, saat melihat Yusuf mengatakan,

    … ini hanyalah malaikat yang mulia (Qur’an, 12:31)

    Menggambarkan Surga, Yang Mahakuasa mengatakan itu adalah

    … tempat yang mulia (Qur’an, 44:26)

    Kata ini juga dapat diterapkan untuk apapun terhormat; Maha kuasa telah berkata,

    … pasti yang paling mulia dari kalian di sisi Allah adalah orang yang paling hati-hati (dari tugasnya terhadap Allah) (Qur’an, 49:13)

    Bahasa Arab juga dapat berlaku untuk sesuatu yang memiliki banyak manfaat atau keuntungan, seperti apa yang tersirat dalam ayat ini yang menceritakan kisah Nabi Sulaiman:

    Sesungguhnya surat terhormat telah disampaikan kepada saya (Qur’an, 27:29)

    Menurut tafsir, kareem dalam ayat ini berarti cukup signifikan dan berat, yang berisi pernyataan sangat baik. Salah satu tanda-tanda kebesaran-Nya dan kemurahan hati adalah bahwa Dia memberikan karunia-Nya bahkan bagi mereka yang tidak pantas mereka.
    Dia memberikan kebajikan-Nya bahkan tanpa diminta. Jika berdoa memohon kepada-Nya untuk pengampunan, salah satu tanda kebesaran-Nya adalah bahwa Dia akan menghapus dosa pemohon jika ia benar-benar bertobat, dan Dia mencatat perbuatan baik baginya di tempatnya.
    Allah telah berkata,

    Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti perumpamaan sebutir tumbuh tujuh bulir (dengan) seratus biji di masing-masing, dan Allah melipatgandakan bagi siapapun yang diinginkannya, dan Allah cukup- Memberi, Mengetahui(Qur’an, 2:261)

    Di antara tanda-tanda kebesaran-Nya adalah bahwa dalam kehidupan dunia ini Dia mencakup dosa-dosa orang berdosa dan menyembunyikan kekurangan mereka.

    Dalam satu kejadian, Rasulullah menyatakan sebagaimana cerita tentang pengampunan dari Yang Maha Kuasa yang menggugah pikiran kita. Dia mengatakan,

    Aku tahu orang terakhir yang masuk surga dan yang terakhir keluar dari api neraka. Dia adalah seorang pria yang akan didekati dan akan berkata, ‘Tunjukkan kepadanya dosa-dosa kecil dan menangguhkan yang utama

    Dimana ia akan ditampilkan dosa-dosa kecil itu Dia kemudian akan ditanya apakah pada ini-dan-hari seperti yang ia lakukan seperti dan itu dan dia akan menjawab di afirmatif, takut hukuman dari dosa utamanya..

    Dia akan memberitahu, ‘Di tempat masing-masing dosa-dosa Anda, Anda akan diberikan sebuah perbuatan baik, “dimana ia akan berkata,’Tuhan Tapi aku telah melakukan dosa lain yang saya tidak lihat di sini di antara mereka! ‘” kata penerjemah dari anekdot yang bahwa dia melihat Rasulullah tersenyum Allah pada saat itu titik dari cerita sampai gigi depannya menjadi terlihat.

    Allah adalah “al-Karim mutaghafil” yaitu, Yang Agung yang dengan sengaja dan cukup sering mengabaikan. Salah satu tanda-tanda Kebesaran-Nya adalah bahwa Dia mengampuni bila Dia berdoa untuk pengampunan; Allah telah berkata,

    Minta ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah yang paling Pengampun (Qur’an, 71:10)

    Dan di antara tanda-tanda Kebesaran-Nya adalah bahwa Dia mengampuni tanpa mengingatkan mereka yang Dia mengampuni jenis dosa dan hal-hal buruk yang telah mereka lakukan.

    Dan di antara tanda-tanda Kebesaran-Nya adalah bahwa jika mereka datang kepada-Nya setelah dipatuhi Ia hanya sedikit, Dia akan memberi mereka pahala yang cukup murah hati dan akan menghormati mereka dengan memuji dengan indah.

    Di antara tanda-tanda Kebesaran-Nya adalah bahwa Dia meliputi mereka dalam lindungann-Nya, Dia mengatakan,

    … memenuhi perjanjian (Anda) dengan Aku, aku akan memenuhi (Saya) perjanjian dengan kamu (Quran, 2:40)

    Dia bahkan membuat mereka layak menerima cinta-Nya:

    … Ia akan mencintai mereka dan mereka akan mengasihi Dia(Qur’an, 05:54)
    Di antara tanda-tanda Kebesaran-Nya adalah bahwa Dia telah membuat dunia properti dipinjamkan hamba-Nya berkata,

    Dialah yang menciptakan untukmu apa yang ada di bumi (Quran, 2:29)
    dan akhirat serta ,

    … dan taman, keberadaan yang seperti langit dan bumi, dipersiapkan bagi mereka yang menjaga (diri mereka sendiri melawan kejahatan)(Quran, 3:133)

    Juga di antara tanda-tanda Kebesaran dan kemurahan hati-Nya adalah bahwa Dia membuat segala sesuatu di langit dan bumi tunduk kepada manusia:

    Dan Dia telah membuat apa pun di langit dan di bumi, semuanya, tunduk kepada Anda, [hadiah ] dari-Nya (Quran, 45:13)

    Salah satu tanda-tanda perilaku yang baik orang percaya di sejauh Atribut “al-Karim” yang bersangkutan adalah bahwa ia mengarahkan dirinya sepenuh hati terhadap Tuhan-Nya.

    Dia membuat kebiasaan untuk makan dan pakaian anak yatim dan baik untuk kawan-kawan dan kerabat. Untuk menarik perhatian umat Islam untuk hal ini berat, Nabi Muhammad mengatakan, Jika seseorang dijunjung tinggi oleh orangtuanya datang kepada Anda, bermurah hati padanya Ia juga berkata,

    Tuhan Anda, Hormat dan kemuliaan adalah milik-Nya, adalah yang selalu Hidup, Dermawan, terlalu malu untuk mengecewakan salah satu dari hamba-Nya yang memohon kepada-Nya.

    Ini adalah tanda perilaku yang baik untuk biasa mengampuni orang yang melakukan perbuatan jahat, termasuk pelanggar berulang, dan untuk menutupi kesalahan saudara-saudaramu dalam segala situasi.

    Kedermawanan semacam sopan santun pasti lebih berharga daripada kedermawanan materialistis, untuk yang kedua mempertahankan tubuh sedangkan yang pertama menopang jiwa.

    Rasulullah mengatakan, “Anda tidak akan dapat menyenangkan semua orang dengan kekayaan Anda, maka, jangan harap mereka dengan perilaku yang baik Anda.“ Dia juga mengatakan,

    Allah, Dimuliakan adalah Nama-Nya, adalah Dermawan, dan Dia mengasihi perilaku yang baik dan membenci suatu perbuatan hina.
    Rasulullah mengatakan,

    Yang murah hati dekat dengan Allah, dekat dengan [hati] orang, dekat dengan surga, jauh dari api. Sebuah kikir adalah jauh dari Allah, jauh dari orang-orang, jauh dari surga, dekat ke api.

    Adapun “Al-Akram” yaitu yang paling Pemurah, pasti itu adalah Allah, yang Maha Dermawan dari semua mereka yang murah hati. Atribut ini juga dapat menanggung arti yang sama tertanam dalam bahwa dari “al-Karim”


    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top