السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Ar Raqiib


    ۩    THE WATCHFUL ONE  ۩

    ۩    MAHA MENGAWASI  ۩

    Allah adalah Selalu Waspada karena Ia dapat melihat semuanya

    Setiap aktivitas di seluruh alam semesta terlihat oleh Allah

    Dia menyadari semua apa yang kita lakukan, di mana pun kita berada

    Jadi kita juga tahu bahwa Allah menyertai kita setiap saat, melindungi kita


    (4:1) An-Nisa – Surah WANITA

    Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.

    Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan [mempergunakan] nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan [peliharalah] hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. (1)

    (5:117) Al-Maeda – Surah HIDANGAN

    Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku [mengatakan]nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka.

    Maka setelah Engkau wafatkan [angkat] aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. (117)


    Jika dibacakan 7 kali pada setiap harta bergerak atau tidak bergerak atau salah satu anggota keluarga, mereka akan dilindungi oleh Allah SWT dan tidak akan dihancurkan.

    Nama ini juga efektif untuk mencapai ketenangan pikiran dan orang tersebut akan menjadi jatuh hati pada urusan nya.

    Jika dibacakan pada setiap minyak yang bisa dimakan dan minyak yang diterapkan pada bisul, maka akan sembuh Insya Allah.

    Jika ada sesuatu yang hilang dengan membacakan Nama Suci ini 312 kali, hal yang hilang akan pulih/diketahui Insya Allah.


    “Al-Raqeeb” adalah salah satu Asma Allah, dan Dia adalah saksi yang tidak pernah absen dari tempat kejadian.

    Dalam bahasa, Raqeeb merupakan main hakim sendiri, seorang penjaga yang berdiri untuk melindungi dan menjaga. Dalam tentara, Raqeeb adalah satu di barisan terdepan.

    Al-Raqeeb Allah-lah yang perlindungan semua orang dan semua, Yang dari yang tidak ada pengetahuan sama sekali dapat melarikan diri.

    Menurut salah satu tradisi suci, Rasulullah mengatakan, Penjaga Muhammad di rumahnya yang berarti menjaga nama dan menghormatinya.

    “Raqeeb” juga berarti keturunan. Malaikat yang menuliskan apapun yang kita lakukan dan katakan juga disebut “Raqeeb” :

    Dia tidak mengucapkan sepatah kata kecuali bahwa ada olehnya seseorang menonton di tangan” (Qur’an, 50:18)

    Al-Raqeeb, yaitu, Dia Yang benar-benar pernah menjaga kita, adalah, tentu saja, Allah. Satu yang Raqeeb tentang Allah adalah orang yang mengakui bahwa Dia mengawasi apapun yang kita lakukan dan katakan, jadi ia mengamati tugas-tugasnya kepada-Nya.

    Allah, al-Raqeeb, tahu kondisi kita dan jumlah nafas kita.

    Al-Raqeeb tak pernah lupa, yang selalu hadir dan tidak pernah absen, siapa tahu segalanya dan tidak ada tentang kondisi ciptaan-Nya pernah bisa lepas pengetahuan-Nya. Dia mengelola urusan hamba-Nya, yang tahu apa yang mereka katakan, Penjaga hamba-Nya, yang mengamati apa yang mereka lakukan, yang akrab dengan pikiran-pikiran terdalam mereka.

    Menceritakan kisah Yesus anak Maria, Yang Mahakuasa mengutip Yesus mengatakan,

    … tetapi ketika Anda membuat saya mati, Anda adalah mengawasi atas mereka, dan Anda menyaksikan segala sesuatu (Quran, 5:117)

    Dia juga mengatakan,

    … dan Allah Maha Waspada atas segala sesuatu (Qur’an, 33:52)

    Ada dua pandangan yang menjelaskan arti dari “al-Raqeeb” :

    Pertama: Secara bahasa, Dia pengamanan barang itu, yang mengawasi semua orang, yang menjaga semua orang, yang bebas dari pengawasan atau kelalaian. Dia mengurus segala sesuatu dan perlindungan. Yang Mahakuasa telah berkata,

    Dia tidak mengucapkan sepatah kata kecuali bahwa ada olehnya pengamat di tangan(Qur’an, 50:18)

    yang berarti malaikat yang mencatat perbuatannya dan mengambil catatan dari semua yang ia merenungkan, kata, atau apakah , sedangkan Allah adalah al-Raqeeb Siapa yang memelihara hamba-Nya, mengetahui kondisi mereka dan apa pun yang mereka ucapkan.

    Sebagai mengenai pengamatan, adalah-Nya dengan mengatakan:

    … pasti aku (Allah) ada bersama Anda berdua, Aku mendengar, dan saya lihat (Qur’an, 20:46)
    Mengenai pengetahuan, adalah-Nya dengan mengatakan:

    Allah mengetahui apa yang setiap beruang perempuan, dan bahwa rahim yang jatuh pendek dari penyelesaian, dan bahwa di mana mereka meningkatkan (Quran, 13:8)
    Referensi seperti lainnya termasuk:

    Dan Dia tahu apa yang ada di tanah dan laut. (06:59)

    Dia tahu apa yang masuk jauh ke dalam bumi dan apa yang muncul keluar dari itu. (57:4)
    Pandangan lain mengatakan bahwa kata ini berasal dari irtiqab, menunggu. Allah telah berkata,

    Tunggu, karena itu, sesungguhnya mereka (juga) sedang menunggu (Qur’an, 44:59)

    Seperti sudut pandang tidak mungkin untuk menerima, karena itu, ditolak dengan alasan bahwa orang yang menunggu sesuatu yang perlu untuk mencapai dimulainya, menginginkan untuk mengetahui hasilnya.

    Makna yang benar dari ayat yang terakhir adalah bahwa Allah ingin hamba-Nya untuk menjangkau-Nya, menjadikan Dia tujuan, penyerahan adorasi mereka dan kerendahan hati.

    Al-Raqeeb, kemudian, adalah Saksi yang tidak pernah absen. Keutamaan orang yang menonton dirinya sendiri yang tersirat dalam tradisi dimana Rasulullah Muhammad mengatakan,

    Ihsan (kebaikan) adalah bahwa Anda menyembah Allah seolah-olah Anda melihat-Nya, karena jika Anda tidak melihat-Nya, Dia pasti melihatmu.

    Hal ini diceritakan bahwa seorang pria pernah dilalui oleh domba merawat budak muda dan menunjuk domba betina dan berkata, “Jual saya ini domba, gembala muda!”

    Para budak muda mengatakan kepadanya bahwa itu bukan miliknya, sehingga ia tidak bisa menjualnya.

    Kemudian orang itu berkata, “Di mana kecemerlangan Anda tidak Dapatkah Anda memberitahu pemiliknya bahwa seekor serigala makan satu domba-Nya?”

    Dia menjawab dengan mengatakan, “Lalu di manakah Allah?”

    Orang itu sangat terkesan dengan jawabannya, jadi ia membeli budak muda dan membebaskannya, dan kemudian ia membeli kawanan dan memberikannya sebagai hadiah.

    Sejak itu, orang itu terus mengulang-ulang cukup sering “Lalu di manakah Allah?”

    Oleh karena itu, salah satu perilaku baik seorang mukmin terhadap Allah al-Raqeeb, perlu diingat bahwa Allah pernah mengawasi dia dan melihat apa yang dilakukannya.

    Dia tahu bahwa dirinya, yaitu, nafs-nya, adalah musuhnya, dan bahwa setan terkutuk juga, adalah lain, dan bahwa mereka berdua meraih setiap kesempatan untuk membuat dia lalai dan tidak mematuhi Tuhannya, sehingga ia harus selalu waspada.

    Dia harus menutup semua perangkap di mana ia bisa jatuh dan memblokir semua jalan dari mana Setan mungkin mendekatinya.

    Hal ini juga salah satu tanda dari perilaku yang baik dari orang percaya dalam hal ini untuk menonton dirinya dan akal sehatnya, untuk tetap berjaga, dan untuk membuat apa pun yang dia lakukan semata-mata untuk pencapaian Kesenangan Tuhannya dalam niat yang murni, untuk mengamati kewajibannya terhadap saudara Muslimnya, dan tidak mengekspos kesalahan yang terakhir kepada orang lain.


    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top