السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Haliim


    ۩    THE FORBEARING   ۩
    ۩    MAHA PENYANTUN   ۩


    Allah tidak pernah terburu-buru untuk menghukum hamba-Nya karena dosa-dosa mereka

    dan memberi mereka cukup waktu untuk meminta pengampunan.

    Rahmat-Nya mengatasi kemarahan-Nya dan

    Dia pernah cenderung memaafkan pada penyesalan.

    Sementara berdoa kepada Allah dengan Nama Al-Halim kita harus toleran,

    sabar dan ramah dalam perawatan kami dan berurusan dengan semua orang.


    (QS. 2) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA

    Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud [untuk bersumpah], tetapi Allah menghukum kamu disebabkan [sumpahmu] yang disengaja [untuk bersumpah] oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. (225)

    Dan tidak ada dosa bagi kamu meminang wanita-wanita itu dengan sindiran atau kamu menyembunyikan [keinginan mengawini mereka] dalam hatimu. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut mereka, dalam pada itu janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan [kepada mereka] perkataan yang ma’ruf.

    Dan janganlah kamu ber’azam [bertetap hati] untuk berakad nikah, sebelum habis iddahnya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu; maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. (235)

    (17:44) Al-Isra – Surah MEMPERJALANKAN DI MALAM HARI

    Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (44)


    (22:59) Al-Hajj – Surah HAJI

    Sesungguhnya Allah akan memasukkan mereka ke dalam suatu tempat [surga] yang mereka menyukainya. Dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun. (59)

    (35:41) Fatir – Surah PENCIPTA

    Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (41)

    (64:17) At-Taghabun – Surah HARI DINAMPAKKAN KESALAHAN-KESALAHAN

    Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan [pembalasannya] kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun. (17)


    Jika seseorang melafalkan secara teratur dan banyak, dia tidak akan pernah ditindas / ditundukkan siapapun.
    Jika nama ini ditulis dengan kunyit dan dicuci dengan air, ini bagian dari bisnis, akan ada berkah yang besar dari Allah SWT.


    (Qs. 3 ) Surah KELUARGA ’IMRAN

    إِنَّ ٱلَّذِينَ تَوَلَّوۡاْ مِنكُمۡ يَوۡمَ ٱلۡتَقَى ٱلۡجَمۡعَانِ إِنَّمَا ٱسۡتَزَلَّهُمُ ٱلشَّيۡطَـٰنُ بِبَعۡضِ مَا كَسَبُواْ‌ۖ

    وَلَقَدۡ عَفَا ٱللَّهُ عَنۡہُمۡ‌ۗ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ

    Sesungguhnya orang-orang yang berpaling di antaramu pada hari bertemu dua pasukan itu, hanya saja mereka digelincirkan oleh syaitan, disebabkan sebagian kesalahan yang telah mereka perbuat [di masa lampau] dan sesungguhnya Allah telah memberi ma’af kepada mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. (155)

    “Al-Halim” adalah Atribut dari Yang Mahakuasa berasal dari akar kata hilm yang artinya: meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu.

    Ini juga berarti perawatan, perhatian, dan sensibilitas. Hilm Allah, adalah penundaan-Nya dari menghukum mereka yang pantas untuk dihukum, maka Dia menunda hukuman dari beberapa dari mereka yang layak mendapatkannya. Setelah itu, Dia dapat menghukum mereka atau mengabaikan kesalahan mereka.

    Atau Dia dengan cepat dapat menghukum beberapa dari mereka. Dia saksi pelanggaran melampaui batas dan ketidaktaatan mereka yang tidak mematuhi-Nya tanpa diprovokasi oleh kemarahan atau kewalahan oleh murka, dan Ia tidak terburu-buru untuk menghukum meskipun Kemampuannya untuk melakukannya.
    Allah telah berkata,

    “Apakah Allah menghancurkan orang karena kesalahan mereka, Dia tidak akan meninggalkan di bumi makhluk tunggal” (Qur’an, 16:61)

    Al-Halim tidak membawa dendam cepat; telah Dia dimaksudkan untuk mempengaruhi balas dendam di lain waktu, Dia akan disebut dengki, pendendam, dan jika Dia tidak bermaksud untuk membalas dendam sama sekali, maka sesungguhnya Dia adalah pemaaf.

    Dia juga bisa disebut al-Halim jika Dia tidak berniat untuk membalas dendam pada semua yang disediakan Dia tidak menyatakan niat-Nya. Jika Dia menyatakan hal itu, Dia kemudian disebut Pengampun.

    Al-Halim cukup sering mengabaikan dosa dan menutupi kekurangan. Dia mengampuni setelah ditutup-tutupi. Dia perlindungan kasih sayang-Nya bagi hamba-Nya. Janji-Nya adalah baik. Ia memenuhi janji-Nya.
    Al-Halim perisai mereka yang memanjakan diri dalam dosa dengan pengampunan-Nya, pengampunan yang mereka yang melanggar hukum-Nya, yang tidak diremehkan oleh pemberontakan yang memberontak, dan tidak ada penindasan penindas pun pernah dapat memprovokasi Nya.

    Al-Qur’an dijelaskan beberapa utusan Allah sebagai Halim, misalnya, Abraham, Teman Allah, digambarkan sebagai,

    … Sesungguhnya Ibrahim adalah sangat lembut hati, sabar” (Quran, 9:114), dan di Surat Hud, ia dipuji juga: “Sebagian besar pasti Abraham sabar, lembut hati, yang sering kembali (kepada Allah)(Qur’an, 11:75)

    Al-Qur’an menyatakan hal berikut ini dalam Surat Al QS. Ash-Shaffat tentang Ismael

    Jadi kami memberinya kabar gembira dari anak laki-laki [Ismael] memiliki kesabaran (Quran, 3:101)

    Ilm adalah pengasih dan atribut mulia, begitu banyak sehingga satu tradisi tercatat dalam Al-Atsir menyebutkan Rasulullah berkata,

    Hilm adalah master dari semua perilaku yang baik.
    Ini juga catatan lain tradisi seperti mengatakan,

    Dia yang adalah Halim hampir pada pijakan yang sama dengan para nabi Allah.

    Hilm menikmati status tinggi dan harga meskipun banyaknya dosa seseorang dan pengulangan pertobatan seseorang.
    Allah telah berkata,

    Allah tidak menelepon Anda untuk menjelaskan apa yang sia-sia Anda sumpah, tetapi Ia akan menghubungi Anda untuk menjelaskan apa yang hati Anda telah mendapatkan, dan Allah Maha Pengampun, sabar (Quran, 2:225)

    Ia juga mengatakan,

    tujuh langit menyatakan kemuliaan-Nya dan bumi juga, dan mereka yang di dalamnya, dan tidak ada satu hal tetapi memuliakan dan memuji Dia, tetapi Anda tidak mengerti memuliakan mereka, sesungguhnya Dia sabar, Pengampun (Qur’an, 17:44)

    Orang sabar dan murah hati, kemudian, adalah orang yang sering mengampuni dosa-dosa dan menyembunyikan kekurangan.

    Dia adalah orang yang mengampuni dosa seseorang setelah perisai, yang perlindungan belas kasih-Nya, Yang Benar kata-katanya, yang mengampuni mereka yang melanggar hukum-Nya, yang tidak tergugah pemberontakan melampaui batas, dan tidak pula ia diprovokasi oleh penindasan.
    Kemurahan hati Allah mengenai orang-orang berdosa besar:

    … dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar (Quran, 2:255)

    Hal ini diceritakan bahwa Abraham melihat seorang pria melakukan dosa, sehingga ia berdoa kepada Allah menyebabkan ia binasa, dan karena itu terjadi.

    Dia melihat kedua dan ketiga, dan dia mengulangi permintaannya, dan mereka juga tewas. Kemudian ia melihat Allah keempat dan juga dipanggil untuk membinasakan dia. Saat itulah Allah mengilhaminya,

    Wahai Ibrahim Stop Jika kita adalah untuk memusnahkan satu sama salah satu pelayan kita yang berbuat dosa, maka hanya sejumlah kecil akan bertahan hidup!,   Tetapi jika salah satu dosa, kita memberinya kelonggaran, jika ia bertobat, kita menerima pertobatan, dan jika ia tetap ada, kami menunda hukuman-Nya mengetahui bahwa ia tidak bisa lepas dari domain kita.

    Hal ini juga diriwayatkan bahwa seorang pemuda melakukan banyak dosa, dan ia gunakan untuk berkeras dalam dosa, bahkan ia tidak menggunakan untuk bertobat dan segera kembali ke berbuat dosa.

    Setelah melakukannya cukup sering, dia ditangani oleh setan dengan demikian, Sampai kapan Anda terus berbuat dosa dan bertobat? Setan berharap bahwa Allah akan menyebabkan orang itu kehilangan harapan dengan kasih dan menjadi putus asa.

    Ketika malam datang, orang itu melakukan wudhu dan menawarkan dua Reka `ts, maka ia mengangkat matanya ke langit dan berkata,

    Wahai Anda Siapa yang melindungi orang benar terhadap dosa, Siapa perlindungan mereka yang dilindungi dari berbuat dosa, Siapa yang membuat orang benar apa yang mereka Jika Anda mengabaikan saya, Anda akan menemukan saya kehilangan jantung;! Jambul saya ada di tangan Anda, utang saya sebelum wahai Anda yang mengubah hati saya memanggil Anda untuk tetap teguh hati saya untuk mengikuti kepercayaan Anda! “!

    Allah, kemudian berkata kepada para malaikat-Nya,

    Wahai malaikat saya! Apakah Anda semua telah mendengar pernyataannya Saksikanlah,? Kemudian, bahwa Aku telah mengampuni semua dosa masa lalunya dan dijaga dia melawan dosa selama sisa hidupnya.
    |

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top