السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al `Aliim


    ۩   THE KNOWER OF ALL   ۩
    ۩   MAHA MENGETAHUI, MEMILIKI ILMU   ۩


    Allah mengetahui segala sesuatu yang ada.

    Ia memiliki pengetahuan yang tersembunyi dan yang terlihat, apakah di bumi maupun di surga.

    Dia tahu masa lalu dan masa depan.

    Dia tahu apa yang kita pikirkan, rasakan dan berbicara. Pengetahuan-Nya yang terbesar.



    (2:29) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA

    Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (29)

    (2:115) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA

    Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka ke manapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas [rahmat-Nya] lagi Maha Mengetahui. (115)

    (2:158) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA

    Sesungguhnya Shafaa dan Marwah adalah sebahagian dari syi’ar Allah Maka barangsiapa yang beribadat haji ke Baitullah atau ber-’umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. (158)

    (3:92) Al-E-Imran – Surah KELUARGA ’IMRAN

    Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan [yang sempurna], sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (92)

    (4:35) An-Nisa – Surah WANITA

    Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufiq kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (35)

    (24:41) Al-Noor – Surah CAHAYA

    Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan [juga] burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui [cara] sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan. (41)

    (33:40) Al-Ahzab – Surah GOLONGAN YANG BERSEKUTU

    Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (40)

    (35:38) Fatir – Surah PENCIPTA

    Sesungguhnya Allah mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati. (38)

    (57:6) Al-Hadid – Surah BESI

    Dialah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati. (6)


    Jika dibacakan 10 kali setelah setiap Doa (wajib) Wajib orang akan menyadari rahasia alam.

    Jika dibacakan banyak orang akan mengakui Allah Yang Mahakuasa.

    Jika dibacakan 21 kali sehari, orang tersebut akan menjadi orang terpelajar,

    Jika nama ini ditulis pada sepotong roti dan makan selama 40 hari orang tersebut tidak akan pernah kelaparan.


    Nama Allah al-’Alim (yang Mahatahu) adalah bentuk tegas dari kata Alim (Maha Mengetahui). Tampaknya 157 kali dalam Al Qur’an. Sebagai contoh:

    Sesungguhnya Engkau adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. [QS al-Baqarah: 32]

    Dan Dia adalah Maha Mengetahui, Yang Mahakuasa. [QS Rum: 54]

    Itulah . penentuan Maha Perkasa lagi Mahatahu [QS al-An'am: 96]

    Bentuk umum dari nama, al-’Alim, muncul tiga belas kali dalam Al Qur’an dengan mengacu kepada Allah. Misalnya:

    Maha Mengetahui yang gaib dan yang terlihat [QS Al-An Am `: 73]

    Maha Mengetahui yang gaib, dari siapa tidak berat atom tersembunyi.[QS Saba`: 3]

    Nama al-’Allam muncul empat kali dalam Al Qur’an. Ini adalah bentuk yang paling tegas dari kata tersebut, menekankan kesempurnaan dan totalitas pengetahuan Allah. Misalnya:

    Sesungguhnya Anda memiliki pengetahuan penuh dari semua yang tak terlihat. [QS al-Mâ'idah: 109]

    Pengetahuan Allah adalah lengkap dan sempurna. Ini memahami masa lalu, sekarang dan masa depan dan selalu sesuai dengan kenyataan. Allah berfirman:

    Apakah Dia tidak tahu apa yang telah diciptakan, dan Dia adalah Jenis Kebanyakan, Yang Maha Mengetahui. [QS al-Mulk: 14]

    Ilmu Allah yang tidak diperoleh melalui belajar atau didahului oleh kebodohan. Pengetahuan Allah kompas segala sesuatu, seperti halnya rahmat dan kebijaksanaan. Tidak ada di langit atau di bumi lolos dari perhatian-Nya. Allah berfirman:

    Ada tidak jatuh daun tetapi Dia tahu itu, atau sebutir dalam kegelapan bumi, atau apapun hijau atau layu tetapi semua dalam buku yang jelas. [QS Al-An `am: 59]

    Sama seperti pengetahuan-Nya tidak didahului oleh ketidaktahuan, juga tidak diikuti dengan kelupaan. Seperti Musa (saw) mengatakan kepada Firaun:

    Tuhanku tidak pernah keliru, juga tidak melupakan Dia. [QS Thaha: 52]

    Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

    Dan sesungguhnya Kami akan menceritakan keseluruhan cerita mereka dengan pengetahuan, karena sesungguhnya Kami tidak pernah absen. [QS al-A `raf: 7]

    Allah mengetahui minutest rincian semua hal yang tersembunyi dan yang nyata. Dia tahu setiap umum dan setiap tertentu, dari yang paling abstrak dari konsep ke objek paling konkret. Dia telah mencatat sifat dari segala sesuatu di sebuah buku yang dengan-Nya.
    Sesungguhnya Allah memberi tahu kita:

    Apa Anda (umat manusia) telah diberi pengetahuan hanyalah sedikit.” [QS al-Isra: 85]

    Tetapi Dia juga mengajarkan untuk menawarkan Nya doa berikut:

    Katakanlah: Tuhanku! Meningkatkan pengetahuan saya dalam [QS Thaha: 114]

    Dan Dia meyakinkan kita:

    Dia telah mengajarkan manusia apa yang mereka tidak tahu [Surah al-'Alaq: 5]

    Ketika kita menyadari sesuatu yang luasnya pengetahuan Allah, harus mengilhami kita untuk menjadi rendah hati. Ketika kita menyadari kelengkapan pengetahuan Allah dan tidak ada yang lolos dari perhatian-Nya, harus membuat kita lebih hati-hati tentang tindakan kita dan mengilhami kita untuk penilaian diri.

    Inilah sebabnya dikatakan: Orang yang tahu paling banyak tentang Allah, takut kepada-Nya yang paling. Kesadaran kita akan luasnya ilmu Allah juga harus menginspirasi dalam kita mencintai dan mengagumi Allah, karena pengetahuan adalah kualitas yang kita alami kagumi.

    Ini seharusnya membuat kita ingin belajar, karena Allah menyukai pengetahuan dan mereka yang memilikinya, sebagaimana Dia membenci kebodohan dan mereka yang sengaja bodoh.

    Kita harus bersabar dan bertekun dalam perolehan pengetahuan dan mengakui bahwa belajar adalah suatu bentuk ibadah. Pengetahuan agama sangat dicintai, karena meningkatkan pengetahuan kita tentang Tuhan kita, yang pada gilirannya membawa kita lebih dekat kepada-Nya.

    Ilmu agama juga mengajarkan kita apa yang Allah inginkan dari kita, sehingga kita bisa melakukan apa yang menyenangkan Dia, dan juga apa yang Dia membenci sehingga kita bisa menghindari apa yang tidak menyenangkan Dia.

    Mendapatkan pengetahuan tentang dunia di sekitar kita juga dicintai Allah. Pengetahuan tersebut meningkat kan apresiasi kita terhadap daya kreatif Allah dan kebijaksanaan-Nya. Hal ini juga membantu kita untuk mendapatkan manfaat dari dunia. Allah berfirman:

    Dan Dia telah membuat pelayanan kepada kamu semua yang ada di langit dan di bumi, melainkan semua dari-Nya. Sesungguhnya terdapat tanda-tanda ini bagi mereka yang berpikir[QS. al-Jatsiyah: 13]

    Pengetahuan sekuler Jadi yang disebut adalah tidak bertentangan dengan pengetahuan agama. Agama tidak datang untuk menghalangi orang dari terlibat dengan ilmu-ilmu. Ayat pertama Al Qur’an yang diturunkan menyatakan:

    Baca dalam nama Tuhanmu! [QS Al `Alaq: 1]

    Allah kemudian berlanjut pada dengan wahyu untuk menghubungkan kemampuan kita untuk memperoleh pengetahuan dengan kemurahan-Nya. Dia mengatakan: “Baca! Dan Tuhanmu Maha Pemurah. Dia yang mengajar dengan cara pena. Dia telah mengajarkan manusia apa yang mereka tidak tahu “[Surah al-'Alaq: 3-5].

    Ini adalah dari kemurahan hati Allah sehingga Ia telah mengaruniakan kita kemampuan untuk berpikir dan alasan, dan lebih jauh, bahwa Dia memberi kami rasa lapar alami untuk belajar.
    Dia mendorong kita untuk mengalihkan perhatian kita untuk mempelajari dunia di sekitar kita, bahkan untuk mempelajari rahasia tentang biologi kita sendiri dan sifat kita:

    Dia menciptakan manusia dari hal yang beku. [Surah al-'Alaq: 2] dan

    Dan dalam diri Anda sendiri, Anda tidak mengubah hal itu? [QS al-Dhariyat: 21]

    Sama, dia ternyata perhatian kita pada Bumi kita hidup atas dan ke alam yang jauh dari ruang:

    Katakanlah: Turn hal Anda (untuk bertanya): Apa yang ada di langit dan di bumi” [QS Yunus: 101]

    Allah nama al-’Alim dalam menanamkan dalam hati kita kemampuan untuk menerima apa yang Allah telah menetapkan untuk ciptaan-Nya. Kita tahu bahwa apa yang dia lakukan adalah dengan pengetahuan-Nya dan kebijaksanaan.

    Kehendak dan kekuasaan Allah, selalu sesuai dengan pengetahuan-Nya dan kebijaksanaan. Mereka selalu selaras:

    Allah itu Maha Mengetahui, Maha Bijaksana [QS. al-Tahrim: 2]

    Allah itu Maha Mengetahui, Yang Mahakuasa [QS al-Rum: 45]

    Semuanya terjadi dengan keputusan-Nya, dan persetujuan keputusan-Nya dengan kebijaksanaan-Nya:

    Tidak ada jenis bencana dapat terjadi kecuali dengan izin Allah: dan setiap orang yang percaya kepada Allah, maka Allah menuntun hati mereka benar, karena Allah mengetahui segala sesuatu.[ QS. al-Taghabun: 11]

    Ketika dihadapkan dengan kesulitan atau penderitaan, itu meyakinkan orang percaya untuk mengetahui bahwa itu adalah dengan desain Allah, dan menjadi lebih mudah bagi orang percaya untuk berdamai dengan itu dan menerimanya.

    Iman kita bahwa Allah adalah Maha Mengetahui membawa kita lebih dekat dengan Tuhan kita dan membuat kita merasa lebih kuat bahwa Dia beserta kita.
    |

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top