السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Waasi`



    ۩    THE ALL COMPREHENDING   ۩

    ۩    MAHA MEMAHAMI   ۩

    Al-Wasi ‘menjelaskan kebesaran dan kekuasaan Allah

    sebagai melampaui imajinasi kita.

    Luasnya pengetahuan-Nya lebih besar

    dari ukuran seluruh bumi dan langit bersama-sama




    (2) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA


    Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka ke manapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas [rahmat-Nya] lagi Maha Mengetahui. (115)

    Nabi mereka mengatakan kepada mereka:Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu“.

    Mereka menjawab:Bagaimana Thalut memerintah kami, padahal kami lebih berhak mengendalikan pemerintahan daripadanya, sedang diapun tidak diberi kekayaan yang banyak?
    [Nabi mereka] berkata:Sesungguhnya Allah telah memilihnya menjadi rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang perkasa.”

    Allah memberikan pemerintahan kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui. (247)


    Perumpamaan [nafkah yang dikeluarkan oleh] orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan [ganjaran] bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas [karunia-Nya] lagi Maha Mengetahui. (261)

    Syaitan menjanjikan [menakut-nakuti] kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan [kikir]; sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas [karunia-Nya] lagi Maha Mengetahui. (268)


    (3) Al-E-Imran – Surah KELUARGA ’IMRAN

    Dan Janganlah kamu percaya melainkan kepada orang yang mengikuti agamamu.
    Katakanlah:Sesungguhnya petunjuk [yang harus diikuti] ialah petunjuk Allah, dan [janganlah kamu percaya] bahwa akan diberikan kepada seseorang seperti apa yang diberikan kepadamu, dan [jangan pula kamu percaya] bahwa mereka akan mengalahkan hujjahmu di sisi Tuhanmu”.
    Katakanlah: “Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, Allah memberikan karunia-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Luas [karunia-Nya] lagi Maha Mengetahui  (73)

    (5) Al-Maeda – Surah HIDANGAN

    Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mu’min,

    yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela.

    Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki Nya, dan Allah Maha Luas [pemberian-Nya] lagi Maha Mengetahui. (54)


    Jika Orang selalu membaca Nama Kudus ini untuk meningkatkan rezeki seseorang.

    Jika dibacakan pada 11 kali gigitan kalajengking itu akan sembuh.

    Jika dibacakan banyak orang akan menjadi ringan dan lembut.




    (2) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA

    Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka ke manapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas [rahmat-Nya] lagi Maha Mengetahui. (115)

    “Al-Wasi`” adalah salah satu Asma Allah, dan kata akarnya berasal dari si` a, kelapangan hamparan, kapasitas, plentitude kelimpahan, dll

    Seseorang mungkin memiliki banyak pengetahuan jika ia berkenalan dengan banyak orang, atau ia mungkin memiliki banyak cara.

    Dalam bukunya Al-Nihaya, Ibnu al-Atheer, yang membahas Asma Allah, mengatakan bahwa al-Wasi`dapat memperkaya setiap orang yang miskin, yang rahmat meliputi segalanya.

    Otoritas-Nya tidak pernah berakhir; kebajikan-Nya tidak terbatas; domain Nya tak ada habisnya. Dia tidak pernah berhenti memberi, Dia tidak pernah terganggu dengan mengetahui sesuatu dari mengetahui lain, atau dengan satu masalah dari mengurus yang lain. Pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu.

    Pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu; Nya mungkin cukup segalanya. Rahmat-Nya yang luas; Dia adalah independen; otoritas-Nya di atas segalanya; pengetahuan-Nya, kekuatan, dan kebajikan adalah yang terbesar.

    Dia adalah Satu untuk arti dari siapa Atribut tidak ada batas, yang ilmunya luas, dan begitu juga rahmat dan pengampunan; domain Nya sangat besar.

    Mutlak al-Wasi`adalah Allah, Mahasuci dan ditinggikan adalah Dia. Tidak ada pantai untuk lautan luas pengetahuan-Nya. Seandainya lautan menjadi tinta, mereka akan telah dikonsumsi sebelum Kata-katanya pernah dapat habis. Tidak ada akhir untuk apa yang Dia mampu memberi dan memberkati.

    Al-Qur’an menunjukkan bahwa ilmu Allah sangat luas dan tak berujung, dalam Surat al-Ana`am, Yang Maha kuasa berkata,

    Dan dia dibantah oleh kaumnya. Dia berkata: “Apakah kamu hendak membantahku tentang Allah, padahal sesungguhnya Allah telah memberi petunjuk kepadaku.

    Dan aku tidak takut kepada [malapetaka dari] sembahan-sembahan yang kamu persekutukan dengan Allah, kecuali di kala Tuhanku menghendaki sesuatu [dari malapetaka] itu.

    Pengetahuan Tuhanku meliputi segala sesuatu. Maka apakah kamu tidak dapat mengambil pelajaran [daripadanya]? (QS. 6:80)

    Al-Qur’an dijelaskan rahmat Allah sebagai luas, dalam Surah Al-A`raf dinyatakan bahwa,

    Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali [bertaubat] kepada Engkau.

    Allah berfirman: “Siksa-Ku akan Kutimpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu.

    Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami“. (QS. 7:156)

    Di Surat Taha, pengetahuan digambarkan sebagai besar:

    Sesungguhnya Tuhanmu hanyalah Allah, yang tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] selain Dia. Pengetahuan-Nya meliputi segala sesuatu“. (QS. 20:98)
    Referensi lain untuk luasnya pengetahuan-Nya, rahmat-Nya dan kepahlawanannya, adalah sebagai berikut:

    Sungguh kami mengada-adakan kebohongan yang besar terhadap Allah, jika kami kembali kepada agamamu, sesudah Allah melepaskan kami daripadanya.

    Dan tidaklah patut kami kembali kepadanya, kecuali jika Allah, Tuhan kami menghendaki [nya].

    Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah sajalah kami bertawakkal.

    Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak [adil] dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.   (QS. 7 Al-A’raf :89)

    Mereka yang menanggung Arasy dan orang di sekitar-Nya merayakan memuji Tuhan mereka dan percaya kepada-Nya dan meminta perlindungan bagi mereka yang percaya (pepatah):

    [Malaikat-malaikat] yang memikul ’Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman [seraya mengucapkan]:

    “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala, (QS. 7 Al-Ghafir :7)

    Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan [Kami] dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya. (Adh-Dhariyat :47)

    Kita harus merenungkan pengetahuan Allah yang luas, karena Dia adalah Yang Mutlak al-Wasi siapa Rahmat telah mencakup segala sesuatu yang ada, pada kenyataannya, bahkan sebelum keberadaan mereka, dan bahkan sebelum adanya waktu itu sendiri, karena Dia selalu untuk kekekalan.

    Pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu. Tidak ada Dia tahu mengalihkan perhatian-Nya dari mengetahui sesuatu yang lain. Kekuasaan-Nya menguasai segala sesuatu; masalah tidak mengalihkan perhatian-Nya dari yang lain.

    Pendengaran Allah meliputi segalanya; doa seseorang tidak dapat mengalihkan perhatian-Nya dari mendengar doa orang lain. Kebajikan-Nya meliputi semua ciptaan-Nya, membantu-Nya satu orang miskin tertentu tidak melarang-Nya dari membantu yang lain.

    Salah satu cara untuk belajar kode etik berasal dari Atribut ini, “al-Wasi`, “adalah bahwa Anda harus meliputi semua hamba Allah dalam pengobatan yang baik dan kebaikan setiap saat; mengasihani semua orang.

    Bantu mereka ketika mereka membutuhkan bantuan Anda, dan memperlakukan semuanya dengan pengobatan yang terbaik.

    Seorang hamba Allah seharusnya ingat dan mencari kebijaksanaan dari pelaksanaan Rasulullah yang mengatakan doanya sekali saat ia mendengar seorang Badui memohon kepada Tuhannya dan berkata,

    Ya Allah Kasihanilah aku dan Muhammad, Dan tidak kasihanilah orang lain selain kami
    Nabi berkata kepadanya,

    Anda telah berdoa kepada-Nya untuk membatasi apa yang tak terbatas,
    yang berarti rahmat Allah. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam juga berkata,

    Jika Allah memberi Anda peningkatan [dari berkat-Nya], jangan memberikan diri Anda sendiri kenaikan.”


    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top