السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Jabbar

    ۩   THE COMPLLER   ۩
    ۩   MAHA MEMILIKI / MUTLAK KEAGUNGAN   ۩



    Dia yang memperbaikan segala sesuatu yang rusak, yang menyelesaikan yang tidak lengkap, dan yang memiliki kemampuan, dengan memaksa untuk menjadikan orang melakukan apapun yang dia inginkan. Dan mereka berdoa kepada Tuhan bahwa kebenaran yang dilakukan untuk kemenangan.


    [QS.59] Al-Hasr – Surah PENGUSIRAN

    Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan [yang berhak disembah] selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (23)


    Jika dibacakan 21 kali sehari, orang tersebut akan diselamatkan dari tirani.

    Jika dibacakan 206 kali pada pagi dan malam hari orang tersebut tidak akan dirugikan oleh setiap makhluk Yang Mahakuasa.

    Jika dibacakan kali secara teratur banyak, musuh-musuh orang tersebut akan dihancurkan.


    Kami menemukan nama Allah dalam ayat: “Allah berfirman:

    Dia-lah Allah, selain yang tidak ada Tuhan, Raja, Yang Mahakudus, Perdamaian, Pemberi Keamanan, Guardian, Compeller yang[Surah al. -Hasyr: 23]

    Nama cukup sering muncul dalam Sunnah Nabi.

    Ketika nama al-Jabbar menjelaskan Allah, itu adalah atribut dari pujian dan kemuliaan. Sebaliknya, ketika kata itu digunakan untuk menggambarkan manusia, itu adalah untuk menegur dan mengecam mereka untuk kebanggaan mereka dan membesarkan diri.
    Misalnya:

    Mereka berkata:” Hai Musa! Di negeri ini adalah orang-orang dominan [QS al-Mâ'idah: 22]

    Yesus dikutip dalam Qur’an yang mengatakan:

    Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka[QS Maryam: 32]

    Allah juga mengatakan:

    Mereka yang membantah tentang wahyu Allah tanpa ada otoritas yang Dia telah berikan kepada mereka; perilaku mereka dibenci oleh Allah dan oleh mereka yang percaya. Demikianlah Allah menetapkan segel atas setiap hati, bangga sombong [Surah Ghāfir: 35]

    Salah satu arti menyampaikan dengan nama al-Jabbar adalah bahwa milik Allah memaksa makhluk-Nya melalui tindakan yang sangat-Nya menciptakan mereka dengan cara yang Dia kehendaki mereka menjadi.
    Mereka memaksa untuk menerima bentuk, bentuk, dan karakteristik penting yang merupakan riasan alami mereka.

    Demikian juga, tindakan pemaksaan tersebut seperti :
    • Detak jantung, sirkulasi darah,
    • Penembakan sel saraf,
    • Dan cara kerja misterius otak.
    semuanya dipaksa oleh kekuasaan Allah dengan cara yang kita dapat memahami dan cara-cara yang kita tidak bahkan menyadari.
    Ada begitu banyak aspek kehidupan kita – seperti tidur, bangun, menjadi waspada atau linglung – di mana tidak sepenuhnya tergantung pada keputusan kita sendiri. Muhammad mengamati:

    Alasan Dia disebut Compeller adalah karena Dia memaksa Penciptaan untuk menjadi seperti yang Ia inginkan

    Lain konotasi al-Jabbar adalah “orang yang me-reset atau mengembalikan sesuatu ke kondisi penuh”. Akar kata dari mana nama ini berasal dapat berarti “memaksa”, tetapi juga digunakan untuk menggambarkan tindakan pengaturan patah tulang serta tindakan pengaturan hal yang benar pada umumnya.
    Allah menempatkan hidup kita agar kita. Dia menyediakan kita dengan kemampuan kita mata pencaharian, meredakan kami inginkan, dan menyembunyikan kesalahan kita. Dia menunjukkan belas kasihan untuk yang lemah.
    Dia mengkompensasi penderitaan kita menderita dalam hidup dengan penghargaan dan berkat dari diriNya. Dia menghibur hati kita sehingga kita bisa merasa damai dan lebih menerima apa yang menimpa kita dalam hidup.
    Demikian juga, mereka yang menyembah Allah dengan takwa, pengabdian, penyerahan, dan kagum menemukan bahwa Allah membuat hati mereka benar dengan kepastian iman, kerendahan hati, dan makna luhur.
    Nabi Muhammad (saw) yang digunakan untuk mohon Allah antara sujud doa dengan kata-kata:

    Tuhanku! Maafkan aku, kasihanilah aku, membuat aku benar, membimbing saya dan memberikan untuk saya [Sunan Abi Dawud (850), Sunan al-Tirmidzi (284), dan Sunan Ibnu Majah (898)]

    Nama al-Jabbar juga mengandung arti bahwa Allah adalah Subduer, dan semua ciptaan tunduk kepada, kemuliaan-Nya otoritas kekuasaan, dan. Ini menyampaikan makna bahwa ia adalah luhur dan transenden di atas segala sesuatu. Ini adalah ekspresi mahakuasa-Nya dan kekuasaan tak tertahankan.
    Suatu kali, ketika Nabi Muhammad (saw) yang ditawarkan doa malam, ia membukanya dengan takbir berikut:

    Allah Maha Besar, Pemilik kekuatan mahakuasa dan tak tertahankan, pemilik kekuasaan semua, dan semua kemegahan dan mungkin [Sunan al-Nasa'i (1069)]

    Nabi (saw) juga digunakan untuk mengatakan sementara membungkuk dan sujud dalam doa:

    Maha Suci kepada si Pemilik kekuatan maha kuasa dan tak tertahankan, pemilik kekuasaan semua, dan semua keagungan dan kekuasaan [Sunan Abi Dawud (873 ) dan Sunan al-Nasa'i (1049)]

    Dalam permohonan, Nabi mengacu pada keagungan Allah. Seperti nama al-Jabbar, kata ini adalah istilah pujian hanya bila digunakan untuk merujuk kepada Allah. Bila digunakan dalam konteks makhluk, selalu datang dalam konteks menyalahkan dan mengecam.

    Hal ini karena berkonotasi arogansi, menjadi sombong kepada orang lain, dan melupakan tempat sejati seseorang. Inilah sebabnya mengapa kita temukan dalam Al-Qur’an bahwa Musa (saw) mencari perlindungan kepada Allah dari orang-orang yang memiliki sifat ini dan karena itu menolak perhitungan Allah:

    Musa berkata: Aku berlindung dengan-Nya yang adalah Tuhanku dan Tuhanmu dari setiap orang arogan yang menyangkal hari perhitungan [Surah Ghāfir: 27]

    Kita telah melihat ini mengutuk arogansi dalam ayat:

    Demikianlah Allah menetapkan segel atas setiap hati, bangga angkuh [QS Ghāfir: 35]

    Juga, Nabi Muhammad (saw) berkata:

    Surga dan Neraka bertengkar. Neraka berkata: “Saya telah dihiasi dengan sombong dan angkuh” [Sahih al-Bukhari (4850) dan Shahih Muslim (2846)]

    Makhluk Allah harus menjadi rendah hati di hadapan Tuhan mereka, menyembah Dia tunduk pada kemuliaan-Nya, menyatakan keilahian-Nya, dan bersedia mematuhi perintah-Nya.

    Ini adalah rahasia iman, kebahagiaan sejati, dan keselamatan. Ini adalah ciri khas yang diberikan Allah kesuksesan.


    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top