السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Hakam

    ۩    THE JUDGE   ۩
    ۩    MAHA MENETAPKAN   ۩

    Dia adalah Penguasa dan keputusan-Nya adalah Firman Tuhan.

    Dia adalah Dia yang perintah. Dia adalah pembawa keadilan dan kebenaran.

    Dia hakim. Dan menjalankan keadilan-Nya.


    (6:62) AL-Anaam – Surah BINATANG TERNAK

    Kemudian mereka [hamba Allah] dikembalikan kepada Allah, Penguasa mereka yang sebenarnya. Ketahuilah, bahwa segala hukum [pada hari itu] kepunyaan-Nya. Dan Dialah Pembuat perhitungan yang paling cepat. (62)

    (22:69) Al-Hajj – Surah HAJI

    Allah akan mengadili di antara kamu pada hari kiamat tentang apa yang kamu dahulu selalu berselisih padanya. (69)


    Zikir ini Nama Kudus sangat bermanfaat untuk memperoleh karunia berulang.
    Jika dibacakan secara teratur banyak orang akan memiliki hati bercahaya dan gemilang.


    Penghakiman hanya milik Allah, Dia berhubungan kebenaran dan Dia adalah yang terbaik dari mereka yang memutuskan” (Qur’an, 6:57)

    Kedua “al-Hakam” dan “al-Hakim” menyampaikan makna yang sama; asal pertama berarti sama dengan pada manusia`, larangan, dari mana kata seperti hakama, sepotong kendali besi yang digunakan untuk menahan kuda.

    “Al-Hakam” berarti: Satu kata siapa adalah final dalam menentukan apa yang benar dan apa yang salah, dalam membedakan antara tindakan kebenaran dan orang-orang dari berbuat dosa.

    Allah memberi upah kepada setiap jiwa sesuai dengan apa yang menghasilkan, yang memutuskan antara hamba-Nya seperti yang Dia inginkan, yang membedakan antara bajingan dan beruntung, menyiksa yang bajingan dan memberi pahala yang bermanfaat.

    Al-Hakam adalah keputusan yang tepat, Hakim benar-benar yang tidak dapat membatalkan keputusan, atau siapa pun dapat mencabut keputusan-Nya.

    Al-Hakam adalah Satu dari yang janji harus tidak ada keraguan sama sekali, yang dalam tindakan tidak ada kesalahan sama sekali; Dia telah memutuskan bahwa hati harus puas dan senang dengan-Nya, bahwa jiwa harus tunduk, patuh, kepada-Nya. Dia memisahkan kebenaran dari dusta.
    Dalam Surat al-Ana`m, kita membaca:

    Apakah akan aku kemudian mencari hakim selain Allah Dia-lah yang telah diwahyukan kepadamu Kitab (yang) membuat jelas?(Quran, 6:114)

    Di Surat Younus kita baca:

    “Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dan bertahan sampai Allah memberikan keputusan-Nya, dan Dia adalah yang terbaik dari hakim” (Quran, 10:109)

    Referensi seperti lainnya adalah:

    Lalu siapa yang memanggil Anda pembohong berkaitan dengan penghakiman setelah ini? Bukankah Allah yang terbaik dari hakim? (95:7-8)

    Penghakiman hanya milik Allah, pada-Nya aku bergantung, dan kepada-Nya membiarkan mereka yang bergantung bergantung. (12:67)

    Ada banyak penjelasan dari kata ini di berbagai tempat di seluruh Al-Qur’an. Di antara penghakiman Allah sehubungan dengan hamba-Nya adalah bahwa setiap orang akan menerima imbalan dari apa yang dia dapatkan.

    Dan bahwa upayanya akan menyaksikan, mencatat, merekam, disimpan; mereka yang melakukan perbuatan baik akan menerima kebahagiaan abadi, sedangkan yang dosa yang akan menerima kekal kutukan. Dia membuat kebenaran jalan menuju surga dan berbuat dosa jalan menuju neraka.
    Jalan Syuraih bin Hani mengatakan bahwa ayahnya Hani bin Yazid berkata,

    Aku datang menemui Rasulullah sekali dan ia mendengar orang memanggil saya` Abu [bapak] al-Hakam

    Ia berkata kepada mereka,

    Al-Hakam adalah Allah Mengapa Anda bernama seperti itu?!!

    Saya berkata kepadanya,

    Setiap kali umat-Ku perselisihan dengan satu sama lain, saya memutuskan di antara mereka untuk kepuasan kedua belah pihak yang bersengketa.

    Nabi lalu bertanya apakah aku punya anak

    “Ya Mereka adalah.. Shuray, Abdullah dan Muslim, anak-anak Hani Siapa yang tertua mereka?
    Rasulullah bertanya kepada saya saya mengatakan bahwa itu Shuray.

    Dia kemudian berkata, Anda Abu Shuray,’ maka ia meminta Allah untuk memberkati saya dan anak saya.“

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top