السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Ghaffaar


    ۞۩   THE FORGIVING   ۩۞
    ۞۩   MAHA PENGAMPUN   ۩۞

    Allah Maha Pengampun Besar karena Dia mencakup atau

    menyembunyikan dosa-dosa hamba-Nya.

    Allah mengampuni mereka yang mencari pengampunan.


    [QS. 20] Ta-Ha – Surah THAAHAA

    Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar. (82)

    [QS. 38] Sad – Surah SHAAD

    Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (66)

    [QS. 39] Az-Zumar – Surah ROMBONGAN-ROMBONGAN

    Dia menciptakan langit dan bumi dengan [tujuan] yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (5)

    [QS. 40] Ghafir – Surah ORANG YANG BERIMAN

    [Kenapa] kamu menyeruku supaya kafir kepada Allah dan mempersekutukan -Nya dengan apa yang tidak kuketahui padahal aku menyeru kamu [beriman] kepada Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun? (42)

    [QS. 71] Nooh – Surah NABI NUH

    maka aku katakan kepada mereka: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, (10)


       
    Untuk menjaga suatu barang rahasia orang harus membacanya selama 3 hari 70 kali sehari di atas pasir dan melemparkannya ke dalam sumur.

    Jika nama yang tertulis disimpan pada seseorang dengan orang sakit menderita demam, orang tersebut akan sembuh.

    Jika dibacakan secara teratur 11 kali setelah setiap shalat Wajib orang tersebut akan diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

    Jika dibacakan secara teratur banyak orang akan diselamatkan membentuk godaan setan.


    Ketiga nama menunjuk pada pengampunan Allah. Nama al-Ghāfir berarti Pengampun, sementara nama-nama al-Ghafur dan Al-Ghaffar lebih tegas, menunjukkan bahwa Allah adalah yang paling pemaaf, Maha Pengampun.

    Secara keseluruhan, tiga nama terjadi pada Qur’an sembilan puluh delapan (98) kali.

    Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

    .. Umumkan (hai Muhammad) untuk budak saya bahwa sesungguhnya saya seorang Pengampun lagi Maha Penyayang [QS al-Hijr: 49]

    Saya Mengampuni kepada mereka yang bertobat dan beriman dan berbuat baik, dan setelah itu mengikuti bimbingan yang benar.[QS Thaha: 82]

    Dalam satu contoh, Al Qur’an mengacu kepada Allah sebagai “yang terbaik dari mereka yang memaafkan” ketika berhubungan di mana Musa menawarkan doa berikut:

    Engkau adalah Pelindung kami: sehingga mengampuni kita dan memberi kita rahmat, karena kamu adalah yang terbaikdari mereka yang memaafkan [QS al-A` raf: 155]

    Allah menyebutkan keberatan orang Kristen yang mengatakan: “Sesungguhnya Allah adalah satu dari tiga.” Dalam ayat berikutnya, Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

    Apakah mereka tidak berpaling kepada Allah dan meminta pengampunan-Nya? Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang[al-Mâ'idah: 74]

    Allah berbicara tentang mereka yang menganiaya orang percaya dari masa lalu, mengatakan:

    Sesungguhnya (sebagai untuk) mereka yang menganiaya percaya pria dan wanita, maka tidak bertobat, mereka akan mendapat ganjaran yang mendatangkan neraka, dan mereka akan mendapat ganjaran yang mendatangkan terbakar [Surah al-Burūj: 10]

    Adapun mereka yang berpaling kepada Allah dalam pertobatan yang tulus, Allah akan kembali kepada mereka dalam pengampunan. Allah memanggil semua orang musyrik, orang berdosa, dan melampaui batas untuk mencari pengampunan-Nya dan menyatakan kepada mereka bahwa pintu rahmat-Nya terbuka lebar:

    saya hamba yang telah melanggar jiwa mereka Jangan putus asa dari rahmat Allah, karena Allah mengampuni! . semua dosa Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang [QS al-Zumar: 53]

    Ayat ini menegaskan bagi kita bahwa Allah mengampuni semua dosa, tanpa kecuali. Allah mau mengampuni bahkan kemusyrikan dan kekafiran, selama pelaku renounces kebohongan seperti itu dan dengan tulus bertobat.

    Allah mengampuni siapa yang Dia kehendaki. Allah menjelaskan bahwa pengampunan-Nya ditentukan oleh kehendak-Nya.

    Allah tidak mengampuni bahwa mitra dikaitkan dengan-Nya, tetapi Dia mengampuni selain itu bagi siapapun yang dia inginkan. [QS al-Nisa ': 48]

    Hal ini sehubungan dengan mereka yang beriman kepada Allah dan mematuhi petunjuk-Nya. Jika mereka memperbuat ion dosa atau melanggar, baik besar atau kecil, Allah telah menetapkan bahwa Dia dapat mengampuni dosa bahwa jika Dia kehendaki atau menghukum pelaku sebagai Dia kehendaki.
    Hal ini ditegaskan dalam sunnah bahwa Allah memanggil balik selama sepertiga terakhir malam, mengatakan:

    Apakah ada orang yg meminta saya, sehingga saya bisa memberikan? Apakah setiap mencari pengampunan saya, jadi saya bisa memaafkan mereka? Apakah ada orang bertobat bagi saya untuk mengampuni? Apakah ada yang menelepon untuk saya sehingga saya bisa menjawab?[Sahih al-Bukhari (1145) dan Sahih Muslim (758)]

    Ini adalah contoh dari kemurahan Allah dan nikmat yang tak terbatas. Nabi Muhammad (saw) menceritakan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

    Wahai anak Adam!Namun banyak Anda menasihatkan Aku dan menempatkan harapan di dalam Aku, Aku akan mengampuni Anda tanpa syarat apapun. 

    O anak Adam! Jika Anda memiliki dosa menumpuk ke awan dan kemudian meminta pengampunan-Ku, Aku akan mengampuni kamu tanpa syarat apapun. 

    O anak Adam! Jika Anda datang ke saya dengan kesalahan yang cukup untuk mengisi bumi, dan bertemu Me tanpa menyekutukan apapun sebagai mitra dengan Aku, Aku akan datang kepadamu dengan pengampunan cukup untuk mengisi bumi [Shahih Muslim (2687)]

    Allah menyebut diri-Nya sebagai Yang Maha Pengampun karena Dia menciptakan kita mengetahui bahwa kodrat kita akan membuat kita rentan terhadap dosa, dan bahwa kita akan mencari pengampunan-Nya dan Dia akan mengampuni kita.
    |

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top