السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Baasith


    ۩   THE RELIEVER   ۩
    ۩   MAHA MELAPANGKAN (MAHLUKNYA)   ۩


    Dia yang melapangkan rezeki dengan kebijaksanaan-Nya dan

    mengembang serta melebar dengan Kedermawanan Nya



    (2:245) Al- Baqara – Surah SAPI BETINA

    Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik [menafkahkan hartanya di jalan Allah], maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan [rezki] dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (245)


    Jika setelah membaca ini Nama Kudus sepuluh kali sehari pada waktu fajar dengan tangan seseorang naik, menggosok tangan pada yang menghadapi dia akan selamanya bebas dari meminta siapa pun untuk apa pun.
    Hal ini juga dianjurkan untuk dibacakan 72 kali setelah Shalat Wajib, khususnya setelah doa pagi.


    Secara bahasa, “al-Basit” berarti: orang yang membentang tangannya, baik itu sebagai isyarat kemauan baik (untuk berjabat tangan dengan orang lain), atau (untuk menyakiti orang lain, baik itu dengan
    menimbulkan sebuah kerusakan fisik, atau dengan menyebabkan kerusakan pada hartanya atau diri sendiri). Ini dapat diterapkan secara harfiah atau metaforis.

    Yang Maha kuasa, misalnya, telah dikutip Kain anak Adam mengatakan hal ini pada saudara Mampu nya: Jika Anda merentangkan tangan Anda ke arah saya untuk membunuh aku …, dll ” (Qur’an, 5:28)
    (Qur’an, 5:28) Al-Maeda -Surah HIDANGAN 
     Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam. (28)

    Ini juga berarti: untuk menyenangkan. Menurut salah satu tradisi, Rasulullah mengatakan,

    Fathimah adalah bagian dari diriku; apa pun yang menyenangkan dia menyenangkan saya, dan apa pun tidak menyenangkan itu tidak menyenangkan aku juga.

    Harfiah, artinya: untuk mengendurkan otot-otot wajah untuk mengungkapkan kesenangan dan kebahagiaan, kegembiraan atau kesenangan, semua arti lain cabang itu.

    Kata benda, berarti, antara lain, meninggalkan kesopanan. “Albaseeta” adalah saluran terentang tanah, dan “kulit pohon” adalah: ekspansi atau propagasi.

    Al-Basit adalah Yang menyenangkan jiwa dengan membuat mereka bahagia dan senang. Dia adalah Yang menanamkan benih-benih kehidupan dalam tubuh untuk sinyal awal kehidupan di dalamnya. Dia, pada munculnya kebangkitan, membawa kehidupan kembali kepada mereka untuk menunjukkan orang, dalam kehidupan akhirat, apa yang mereka kerjakan selama hidup sementara mereka di dunia ini.

    Atribut “al-Basit” tidak ada dalam teks Al-Qur’an, namun turunannya tentu saja, ini adalah contoh di mana turunannya seperti ada:

    Tangannya tersebar, Dia expends seperti yang Dia inginkan. (5:64)

    Allah telah dibuat untuk Anda bumi bentangan lebar. (71:19)

    Allah-lah Yang mengirimkan angin sebagainya, sehingga mereka meningkatkan awan, maka Dia menyebar sebagainya di langit sebagai Dia kehendaki, dan Dia mengelompokkannya ke atas, sehingga Anda melihat hujan datang keluar dari itu, ketika Dia menyebabkan ia tuangkan pada siapapun yang Dia kehendaki dari hamba-Nya, sesungguhnya, mereka bergembira! (30:48)

    Al-Qur’an berbicara tentang menghias tubuh dengan kekuatan:

    … dan Anda meningkat dalam keunggulan dalam hal fisik(Qur’an, 7:69)

    Dan berbicara tentang menyenangkan baik melalui pengetahuan dan keunggulan fisik ketika mengatakan,

    … dan Dia telah meningkat dia melimpah dalam pengetahuan dan dalam tubuh (Quran, 2:247)

    Kita harus menunjukkan di sini bahwa kita harus menyebutkan kedua Atribut Ilahi al-Qabid dan al-Basit bersama dalam rangka untuk mengartikan pengertian dari kekuatan dan kebijaksanaan.
    Maha kuasa adalah al-Qabid sama seperti Dia adalah al-Basit.

    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top