السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Seorang Muslim Mempunyai Pegangan


    Sebagai seorang muslim, patutlah mempunyai pegangan dalam menjalani lika liku hidup ini agar tidak tersesat atau terpuruk dalam problematika rimba dunia. Pegangan hidup seorang muslim adalah Al-Qur'an dan As-Sunnah dan bertakwa kepada Allah subhanahu wa ta'ala. menjadikan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai pegangan hidup berarti menjalani hidup ini dengan menjadikan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai dasar, pedoman dalam segala hal.

    Dasar menjadikan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai pegangan hidup adalah sebagai berikut :

    وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ

    Artinya : "Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah." (QS Al-Hasyr : 7)

    مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ تَوَلَّى فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظاً

    Artinya : "Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka." (QS An-Nisa' : 80)

    قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌرَحِيمٌ

    Atinya : "Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Ali Imran : 31)

    Dan dasar dari Sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam :

    عَلَيْهِ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ، عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ

    Artinya : "(wajib) atas kalian sunnahku dan sunnah khulafa' al-mahdiyin, peganglah sunnah itu dengan gigi geraham."

    تركت فيكم ما إن تمسكتم به لم تضلوا كتاب الله

    Artinya : "Aku telah mewarisi untuk kalian sesuatu, jika kalian berpagang teguh terhadapnya maka kalian tidak akan tersesat, yaitu kitab Allah."

    As-Sunnah adalah perbuatan, perkataan atau hal-hal yang didiamkan oleh Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam-. dan sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam dan para sahabat adalah apa-apa yang mereka praktekan dalam kehidupan Islami.

    Cukuplah beberapa ayat dan hadist yang mengharuskan kita untuk berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah tadi. menjadikan keduanya sebagai pedoman dan pegangan hidup agar kita tidak tersesat dan selamat dan bahagia didunia dan akhirat.

    Wallahu a'lam bish-shawab
    Sumber : Mesir

    0komentar :

    Posting Komentar

    top