Filled Under:

Islam Adalah Jalan Kehidupan


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, وصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد

Islam diturunkan sebagai jalan hidup manusia di dunia ini, mengarahkan tujuan seorang manusia agar sesuai dengan yang dikehendaki Sang Pencipta. mengatur setiap hal yang bersangkutan dengan kebaikan hidup manusia. Islam turun bukan hanya sekedar penyejuk rohani, atau ceramah-ceramah kerohanian yang sakral.

Islam diturunkan lebih dari itu semua. Karena Islam adalah jalan kehidupan. setiap anak Adam diciptakan dan diberi pilihan untuk hidupnya. Allah menurunkan Islam sebagai pengatur kehidupan dunia diantara pengatur-pengatur lainnya-lainnya. Manusia diciptakan dengan pilihan, dan Allah telah menjelaskan jalan pilihan-Nya.

"terima kasih atas ceramahnya" atau "terima kasih atas siraman rohaninya" adalah beberapa ungkapan ketika seseorang membaca atau mendengarkan tentang Islam. atau di beberapa institut negeri ataupun swasta, militer ataupun sipil, lembaga pendidikan dan sekolah-sekolah, Islam hanya dikenal sebagai bagian rohani saja.

Memang Islam adalah siraman dan penyejuk jiwa dan rohani, akan tetapi bukan sebatas itu saja. ruang lingkup Islam adalah dari anda mulai membuka mata sampai anda memejamkannya kembali.

Hidup seorang muslim adalah Islam. kegiatan kehidupan sehari-hari adalah Islam. semua telah terangkum dan dijelaskan dengan sangat baik dalam Islam, sampai disetiap masalah, Islam selalu hadir dengan solusi-solusi.

Tata cara "Thoharah" (bersuci) dari mulai mencuci tangan terlebih dahulu setelah bangun tidur, sampai tata cara mandi. dari mulai anjuran-anjuran bagi bujangan sampai rukun-rukun nikah. dari pengharaman riba sampai penghalalan jual beli dan tata cara mencari rezeki yang halal. suami sebagai kepala dan penanggung jawab keluarga dan istri sebagai manager dalam keluarga. apakah itu semua bukan kehidupan? apakah semua itu hanya siraman rohani dan penyejuk jiwa?

Semua telah terangkum dalam Islam, dan semua telah diatur dan dijelaskan dalam Islam. Allah berfirman :

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Artinya : "hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu." (QS Al-Maidah : 3)

Wallahu a'lam bish-shawab

Sumber : Al-Irsyad

Penerbit By

© 2011-2014. All rights resevered.Dakwah Syariah