السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Perpustakaan Islam di Masjid Megah Jerman


    Masjid Megah di Jerman ini Miliki Fasilitas Perpustakaan

    Dakwah Syariah | Di Eropa, kemajuan Islam secara bertahap terus mengalami kenaikan. Dengan peningkatan jumlah penduduk muslim di Jerman, pembangunan masjid di Jerman juga ikut bertambah.

    Salah satu masjid yang terkenal sangat megah yaitu berada di daerah Cologne, Jerman.

    Tidak hanya karena megah dan unik saja, Masjid ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk fasilitas Perpustakaan. Perpustakaan dinilai dapat membantu umat muslim di Jerman untuk belajar lebih banyak tentang Islam tapi juga bisa belajar berbagai ilmu pengetahuan yang tersedia di Perpustakaan Masjid di Jerman ini.

    Salah satu keunikan yang bisa mudah terlihat dari bentuk bangunan masjid ini yaitu terletak pada bentuk bangunanya.

    Cologne Central Mosque dilihat dari samping atas |gambar: archello.com

    Jika biasanya Masjid memiliki kubah yang bentuknya setengah lingkaran dengan lambang bulan sabit dan bintang di atasnya. Tapi tidak dengan mesjid yang ada di Jerman yang memiliki bentuk yang unuk dengan arsitektur yang cantik.

    Dikutip dari szaktudas.com (10/7/14), Masjid yang besar dan penuh dengan jiwa seni yang ada di Cologne, Jerman itu bernama Cologne Central Mosque, yang dikelolah oleh komunitas Muslim Jerman-Turki, Diyanet Isleri Turk Islam Birligi (DITIB).

    Masjid Cologne ini tidak terlalu terlihat mencolok, tidak seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah khas, kubah menjid ini tidak terlalu besar dan cendrung cembung datar. Berdiri dua buah buah menara setinggi 55 meter tepat disamping bangunan yang ditulis situs resmi pariwisata Cologne.

    Mesjid yang dirangcang dengan arsitektur Ottoman dengan gaya Turki ini tidak hanya memiliki ruang salat. Mesjid ini memiliki ruangan lainnya seperti ruang berkumpul komunitas, kantor masjid, perpustakaan, dan ruang untuk seminar.

    Rencananya akan dibuat sebuah area bazaar  di bagian lantai bawah atau basement masjid, yang bisa didatangi oleh setiap orang yang ingin berbelanja. Pengunjung bisa langsung masuk ke lantai dasar masjid dari lantai basement. Dilantai inilah pengunjung bisa ruang seminar atau mengajar.

    Ketika naik satu lantai lagi, barulah para pengunjung akan menemukan ruang salat yang bisa menampung 2.000-4.000 jamaah.

    Tidak ada yang meyangka jika jerman bisa mempunyai masjid sekeren ini. Karena posisi masjid yang berada di samping jalan raya, tepatnya berada di Venloer Strasse 160, Cologne, Jerman anda bisa dengan udah menemukannya. Jadi jika sedang ada disana cobalah untuk mampir melihat kemegahannya.

    0komentar :

    Posting Komentar

    top