السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Ar Rahman


    ۩   THE ALL MERCIFUL   ۩

    ۩   MAHA PENGASIH   ۩

    Para Rahman Istilah berasal dari kata Arab Rahmah.

    Rahmah berarti kelembutan yang membuat seorang untuk menunjukkan kebaikan pada orang lain.

    Ar-Rahman berarti bahwa Allah memiliki belas kasihan banyak dan mencintai ciptaan-Nya.

    Dia memberikan berkat dan kemakmuran bagi semua makhluk.



    Al-Fatiha – Surah Pembukaan

    Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (3)

    Al- Baqara – Surah Sapi Betina

    Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (163)

    Al-Rad  – Surah Guruh

    Demikianlah, Kami telah mengutus kamu pada suatu umat yang sungguh telah berlalu beberapa umat sebelumnya, supaya kamu membacakan kepada mereka [Al Qur’an] yang Kami wahyukan kepadamu,
    padahal mereka kafir kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Katakanlah: “Dialah Tuhanku tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] selain Dia; hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya aku bertaubat. (30)
    Al-Israa – Surah Perjalanan Malam Hari

    Katakanlah:Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna [nama-nama yang terbaik] dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu (110)

    Maryam – Surah Maryam

    Maryam berkata: “Sesungguhnya aku berlindung daripadamu kepada Tuhan Yang Maha Pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa. (18)


    Ia [Jibril] berkata:Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci(19)

    Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah:Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusiapun pada hari ini. (26)

    Wahai bapakku, janganlah kamu menyembah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. (44)

    Wahai bapakku, sesungguhnya aku khawatir bahwa kamu akan ditimpa azab dari Tuhan Yang Maha Pemurah, maka kamu menjadi kawan bagi syaitan. (45)

    Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi ni’mat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. (58)

    yaitu surga ’Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun [surga itu] tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati. (61)

    Kemudian pasti akan Kami tarik dari tiap-tiap golongan siapa di antara mereka yang sangat durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. (69)

    Katakanlah:Barangsiapa yang berada di dalam kesesatan, maka biarlah Tuhan yang Maha Pemurah memperpanjang tempo baginya;sehingga apabila mereka telah melihat apa yang diancamkan kepadanya, baik siksa maupun kiamat, maka mereka akan mengetahui siapa yang lebih jelek kedudukannya dan lebih lemah penolong-penolongnya“. (75)

    Adakah ia melihat yang ghaib atau ia telah membuat perjanjian di sisi Tuhan Yang Maha Pemurah? (78)

    [Ingatlah] hari [ketika] Kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang terhormat, (85)

    Mereka tidak berhak mendapat syafa’at kecuali orang yang telah mengadakan perjanjian di sisi Tuhan Yang Maha Pemurah. (87)

    Dan mereka berkata:Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil [mempunyai] anak“. (88)

    karena mereka mendakwa Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak. (91)

    Dan tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil [mempunyai] anak. (92)

    Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Tuhan Yang Maha Pemurah selaku seorang hamba. (93)

    Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam [hati] mereka rasa kasih sayang. (96)

    Ta-Ha – Surah Thaa Haa

    [Yaitu] Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas ’Arsy.  (5)

    Dan sesungguhnya Harun telah berkata kepada mereka sebelumnya:Hai kaumku, sesungguhnya kamu hanya diberi cobaan dengan anak lembu itu dan sesungguhnya Tuhanmu ialah [Tuhan] Yang Maha Pemurah, maka ikutilah aku dan ta’atilah perintahku“. (90)

    pada hari itu manusia mengikuti [menuju kepada suara] penyeru dengan tidak berbelok-belok; dan merendahlah semua suara kepada Tuhan Yang Maha Pemurah, maka kamu tidak mendengar kecuali bisikan saja. (108)

    Pada hari itu tidak berguna syafa’at, kecuali [syafa’at], orang yang Allah Maha Pemurah telah memberi izin kepadanya, dan Dia telah meridhai perkataannya. (109)

    Al-Anbiya – Surah Nabi-Nabi

    Dan mereka berkata:Tuhan Yang Maha Pemurah telah mengambil [mempunyai] anak“, Maha Suci Allah. Sebenarnya [malaikat-malaikat itu], adalah hamba-hamba yang dimulyakan. (26)

    Dan apabila orang-orang kafir itu melihat kamu, mereka hanya membuat kamu menjadi olok-olok. [Mereka mengatakan]:Apakah ini orang yang mencela tuhan-tuhanmu?“, padahal mereka adalah orang-orang yang inkar mengingat Allah Yang Maha Pemurah. (36)

    Katakanlah:Siapakah yang dapat memelihara kamu di waktu malam dan siang hari selain [Allah] Yang Maha Pemurah?Sebenarnya mereka adalah orang-orang yang berpaling dari mengingati Tuhan mereka. (42)

    [Muhammad] berkata:Ya Tuhanku, berilah keputusan dengan adil Dan Tuhan kami ialah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu katakan“. (112)


    Al-Furqan – Surah Pembeda

    Kerajaan yang hak pada hari itu adalah kepunyaan Tuhan Yang Maha Pemurah. Dan adalah [hari itu], satu hari yang penuh kesukaran bagi orang-orang kafir. (26)

    Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ’Arsy, [Dialah] Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah [tentang Allah] kepada yang lebih mengetahui [Muhammad]. (59)

    Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Sujudlah kamu sekalian kepada Yang Maha Penyayang“, mereka menjawab:Siapakah yang Maha Penyayang itu? Apakah kami akan sujud kepada Tuhan Yang kamu perintahkan kami [bersujud kepada-Nya]?“, dan [perintah sujud itu] menambah mereka jauh [dari iman]. (60)

    Al-Shuara – Surah Para Penyair

    Dan sekali-kali tidak datang kepada mereka suatu peringatan baru dari Tuhan Yang Maha Pemurah, melainkan mereka selalu berpaling daripadanya. (5)


    Jika dibacakan 100 kali setelah setiap doa Wajib, Allah SWT akan sangat berbelas kasih kepada individu dan juga dia / dia akan mendapatkan kembali memori dan akan sembuh dari kelupaan.
    Jika dibacakan secara teratur orang berhati kejam akan menjadi penuh belas kasihan.


    Allah disebut dengan nama-Nya “Yang Pemurah” lima puluh tujuh kali dalam Al Qur’an.

    Kita membaca, misalnya:

    Dan Tuhanmu adalah Satu Allah, tidak ada Tuhan menyelamatkan Dia, Pemurah lagi Maha Penyayang.” [Surah al-Baqarah: 163]

    Pemurah ini didirikan pada Arsy.[QS Thaha: 5]
    Adapun “Penyayang”, Al Qur’an mengacu kepada Allah dengan nama ini 114 kali. Misalnya:

    Sesungguhnya Allah adalah untuk semua Kebanyakan orang pasti penuh kebaikan lagi Maha Penyayang. [Surah al-Baqarah: 143]

    Barangsiapa bertobat setelah melakukan kesalahan dan membuat kesalahan, maka pasti Allah akan mengalah terhadapnya, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [Surah al-Mâ'idah: 39]

    Atribut rahmat – yang kedua namanya berasal dari – adalah salah satu dari berbagai atribut Tuhan yang terbesar. Sebuah percaya bertemu dengan sesama orang percaya dengan ucapan: “Semoga damai Anda dan rahmat Allah.”
    Kami mengatakan:

    Segala puji bagi Allah yang telah diresepkan rahmat atas diriNya.”
    Segala puji bagi Allah yang rahmat mendahului murka-Nya.
    Segala puji bagi Allah yang rahmat meliputi segala sesuatu.

    Allah digambarkan memiliki atribut “rahmat” dalam Alquran lebih dari 160 kali.
    Sangat menarik untuk mempertimbangkan cara-cara rahmat Allah muncul di bab dari Al Qur’an berjudul Maria, yang dibuka dengan ayat:

    “. (Ini adalah) resital dari rahmat Tuhanmu untuk Zakharia hamba-Nya” [QS Maryam: 2]

    Di sini kita telah menyebutkan dari rahmat Allah ke salah satu pengikutnya terpilih, Zakharia, ketika ia memohon Tuhan untuk memberkati dia dengan seorang anak di usia tuanya.
    Ini menunjukkan kepada kita seberapa dekat rahmat Allah adalah mereka yang menyembah dan mohon Dia dengan pengabdian yang tulus dan kerendahan hati.
    Di tengah bab yang sama, kita menemukan account dari cerita Abraham. Pada satu titik, Ibrahim berkata kepada ayahnya:

    Wahai ayah saya Jangan melayani setan Sesungguhnya setan adalah taat kepada Pemurah.!.” [QS Maryam: 44]

    Kata Abraham menunjukkan kepada kita ketidaktahuan ekstrim yang dibutuhkan untuk terang-terangan menolak Allah dan tidak mentaati-Nya. Allah, Pemurah dan Penyayang, benar-benar layak kepatuhan kita. Kita harus bersyukur kepadaNya, tidak mengingkari nikmat-Nya.
    Kita harus menyayangi Dia dalam pikiran dan tidak pernah melupakan Dia. Kita harus menanggapi kebaikan-Nya dan karunia-Nya dengan terima kasih dan pengabdian.
    Ibrahim lalu berkata:

    Wahai ayah saya, saya khawatir bahwa hukuman menyusul Anda dari Pemurah, sehingga Anda menjadi kawan setan.!” [QS Maryam: 45]

    Berikut Abraham memperingatkan terhadap hukuman yang menanti mereka yang tidak mematuhi Allah dan yang sepakan bimbingan-Nya dan jalan-Nya.
    Dengan mengacu pada itu sebagai “hukuman dari Pemurah”, Ibrahim menekankan bagaimana dasar dan ofensif itu adalah untuk menolak Allah dan iman kepada-Nya, begitu banyak sehingga dalam ketidakpercayaan iklan mereka penolakan mereka menjadi layak menerima hukuman dari Allah, meskipun rahmat Allah yang tak terbatas.
    Bab yang berjudul Maria datang ke kesimpulan dengan ayat:

    . Memang, mereka yang beriman dan mengerjakan perbuatan baik, Pemurah akan melimpahkan cinta kepada mereka” [QS Maryam: 96]

    Ayat ini berhubungan dengan kita arti penting. Allah memberkati mereka yang beriman dan mengerjakan perbuatan baik dengan cinta. Dia mencintai mereka dan mereka mencintai-Nya.
    Dia kemudian menyebar cinta mereka di seluruh Bumi, sehingga mereka merasakan cinta satu sama lain. Dalam hal ini, Nabi (saw) mengatakan:
    Jika Allah mencintai seseorang, Dia memanggil Jibril dan mengatakan: “Saya suka orang”
    Lalu Jibril juga mencintai orang itu dan memanggil ke langit:

    Sesungguhnya Allah mencintai orang ini.” Setelah itu, penghuni Surga juga suka orang itu. Setelah itu diwujudkan sebagai penerimaan di bumi [Sahih al-Bukhari (3209) dan Shahih Muslim (2637)]

    Ini adalah beberapa arti penting yang harus memperkaya iman seorang Muslim dan praktek dari merenungkan rahmat Allah.


    ▬▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top