السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Panel Home
Other Content
HADITSHR BUKHARI
    • Posts
    • Comments
    • Pageviews

  • Translate
  • Asma’ul Husna, Al Samii`

    ۞۩    THE HEARER OF ALL   ۩۞
    ۞۩    MAHA MENDENGAR   ۩۞

    Allah tidak mendengar seperti manusia lakukan, karena Dia mendengar segala sesuatu dari permohonan dari suara hati manusia, hewan dan serangga, air dan udara juga perasaan serta doa yang tidak diucapkan dalam kata-kata atau suara.


    (2) Al-Baqara – Surah SAPI BETINA

    Dan [ingatlah], ketika Ibrahim meninggikan [membina] dasar-dasar Baitullah bersama Isma’il [seraya berdo’a]: “Ya Tuhan kami terimalah daripada kami [amalan kami], sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui“. (127)

    Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan [dengan kamu]. Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (137)

    Tidak ada paksaan untuk [memasuki] agama [Islam]; sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghutdan  kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (256)

    (3) Al-E-Imran – Surah KELUARGA ’IMRAN

    [Ingatlah], ketika isteri ’Imran berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat [di Baitul Maqdis]. Karena itu terimalah [nazar] itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui“. (35)

    Di sanalah Zakariya mendo’a kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do’a“. (38)

    (8:17) Al-Anfal – Surah HARTA RAMPASAN PERANG

    Maka [yang sebenarnya] bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allah-lah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. [Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka] dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mu’min, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (17)

    (49:1) Al-Hujraat – Surah KAMAR-KAMAR

    Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (1)


    Jika dibacakan sebanyak-banyaknya, keinginan yang sah akan diterima.

    Jika dibacakan 9 kali setelah setiap shalat Wajib untuk keinginan yang sah / permintaan kepada Allah SWT, yang sama dapat diterima.

    Jika dibacakan terbatas sejumlah kali secara teratur tanpa gagal orang tersebut akan menjadi salah satu yang sah keinginan bisa diberikan oleh Allah SWT.


    Allah disebut sebagai “Yang Maha Mendengar” empat puluh lima kali dalam Al Qur’an. Misalnya, Allah berfirman:

    Dan ingat Ibrahim dan Ismail mengangkat dasar DPR (Dengan doa ini): ” Ya Tuhan kami! Menerima layanan ini dari kami: Untuk Anda Yang Maha Mendengar, Yang mengetahui [QS al-Baqarah: 127]

    Katakanlah (hai Muhammad): ‘Jika saya tersesat, saya hanya menyimpang hilangnya jiwa saya sendiri: tetapi jika saya menerima bimbingan, itu karena apa yang Tuhan saya mengungkapkan kepada saya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Selalu Dekat [QS Saba.': 50]


    Allah telah mendengar pembelaan dari wanita yang meminta dengan Anda (Muhammad) tentang suaminya dan mengeluh kepada Allah. Dan Allah mendengar diskusi Anda. Lo! Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat [Surah al-Mujadilah: 1]

    `Aisyah mengatakan tentang yang terakhir dari ayat-ayat ini:

    Kemuliaan bagi Allah yang pendengaran mencakup semua suara. Wanita itu datang kepada Nabi (saw) dengan permohonannya. Dia memiliki keluhan terhadap suaminya. Saya berada di sudut rumah dan tidak mendengar apa yang dikatakannya.

    Lalu Allah menurunkan:

    Sesungguhnya Allah telah mendengar pembelaan dari wanita yang meminta dengan Anda … [Sunan al-Nasa'i (3460) dan Sunan Ibnu Majah (188, 2063)]

    Allah mendengar semua suara. Dia mendengar semua yang kita katakan, tidak peduli bagaimana pribadi kita bicara. Allah berfirman:

    Ini adalah sama dengan-Nya apakah salah satu dari Anda menyembunyikan pidatonya atau menyatakan secara terbuka, apakah ia terletak disembunyikan oleh malam atau berjalan sebagainya secara bebas ke hari. [QS al-Ra `d: 10]

    Pembicaraan kita paling rahasia adalah sebuah deklarasi terbuka sebelum Allah. Memang, ia mendengar bahkan pikiran terdalam kita. Semuanya jelas bagi-Nya, karena Dia adalah Pencipta dan Dia adalah orang yang memungkinkan dan mendukung semua yang terbentang.

    Dia yang memberi Jawaban setiap Doa

    Ide bahwa Allah mendengar setiap suara dan ucapan setiap konotasi yang paling jelas dari nama-Nya “Mendengar Semuanya”, tapi ini nama mulia semua juga menyampaikan makna bahwa Allah mendengar dan menjawab doa kita.

    Allah menjawab doa-doa mereka yang dengan rendah hati mohon kepada-Nya dengan iman yang kuat dan yang melakukan amal saleh.

    Inilah sebabnya mengapa Nabi Muhammad (saw) yang menggunakan untuk mencari perlindungan Allah dari “sebuah doa yang berlangsung keterlaluan”. Nabi tidak berarti bahwa ia takut Allah tidak akan mendengar doa itu sendiri, melainkan bahwa Allah akan meninggalkan doa tersebut terjawab.

    Ini adalah sama ketika kita mengatakan setelah membungkuk dalam doa: “Allah mendengar orang yang memuji-Nya.” Kami berarti bahwa Allah menjawab mereka yang memuji-Nya dan mohon-Nya dalam setiap doa /shalat.

    Kami memiliki banyak kesempatan dalam shalat resmi kami untuk mohon Allah. Kita dapat melakukannya setelah takbir pertama, dan pada beberapa kesempatan sebelum ruku ‘, sementara juga ruku’, ketika kita bangkit dari ruku ‘, sujud selama kita, antara dua sujud, dan pada akhir dari doa sebelum kita mengatakan kita “salam” . Ini adalah tujuh tempat di mana kita mohon Allah dengan doa.

    Ketika kita tahu bahwa Allah mendengar setiap kata yang kita ucapkan, seharusnya membuat kita takut mengucapkan ucapan salah atau jahat.

    Inilah sebabnya, pada hari kiamat, Allah akan berkata kepada beberapa orang yang berbuat dosa:

    Dan Anda tidak sendiri cadar terhadap (kemungkinan) telinga Anda sendiri dan mata dan kulit akan bersaksi melawan Anda, tetapi Anda pikir Allah tidak tidak tahu banyak tentang apa yang Anda lakukan. Dan itulah (kejahatan) berpikir Anda terhibur tentang Tuhanmu yang telah jatuh ke dalam kebinasaan Anda, sehingga Anda telah menjadi salah satu hilang [Surah Fussilat: 22-23]

    Ibn Mas `ud memberitahu kita tentang kejadian ketika ayat ini diturunkan:
    Tiga orang berkumpul di depan Gedung Suci. Hati mereka yang miskin pemahaman, tetapi perut mereka dengan baik digemukkan. Salah satu dari mereka berkata:

    Apakah kamu mengira bahwa Allah dapat mendengar apa yang kita katakan?

    Lain menjawab:

    Ia mengabulkan doa kita jika kita berbicara dengan suara keras, tetapi tidak ketika kita berbicara diam-diam.

    Yang ketiga membalas:

    Jika Dia bisa mendengar kita ketika kita berbicara dengan suara keras, Dia juga bisa mendengar kita jika kita berbicara lembut.”

    Kemudian Allah menurunkan ayat:

    Dan Anda tidak sendiri cadar terhadap (kemungkinan) telinga Anda sendiri dan mata dan kulit akan memberi kesaksian terhadap kamu … [Sahih al-Bukhari (4817) dan Shahih Muslim (2775)]


    ▬▬▬▬▬ஜ۩***۩ஜ▬▬▬▬▬

    0komentar :

    Posting Komentar

    top